28.6.22

PENTINGNYA INTERAKSI SOSIAL

 

Persyaratan UAS

PSIKOLOGI SOSIAL

Semester 2  T.A 2021/2022

Oleh : Putri Dahliani (21310410110)

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen : Dr. Arundati Shinta, MA.


Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak bisa terlepas dari yang namanya interaksi. Sebab manusia pada dasarnya memang akan saling membutuhkan, supaya bisa bertahan hidup. Dikatakan sebagai kunci dari kehidupan, karena dengan berinteraksi kamu menjadi bisa terhubung dengan siapa saja. Hubungan sosial ini yang akan selalu mendukungmu dalam setiap aktivitas yang kamu lakukan.

Interaksi sosial berasal dari kata interaksi artinya tindakan yang terjadi secara dua orang atau lebih yang bereaksi akan timbal balik melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Sosial yang berarti mencakup saling berkesinambungan atau bekerja sama seperti halnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan akan membutuhkan orang lain.

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis, berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok dan individu dengan kelompok. Tak jarang disebutkan kalau seseorang akan kesulitan bertahan hidup tanpa menjalin interaksi dengan seorang individu lainnya. Hal ini merupakan dasar dari terjadinya proses sosial, yaitu interaksi sosial.

Kenapa interaksi sosial itu penting?
1. Membangun hubungan yang baik antar sesama manusia.
Manfaat dari interaksi sosial bagi kehidupan manusia adalah untuk membangun relasi atau hubungan antarmanusia. Relasi ini dapat berlaku di mana saja seperti di lingkungan sekolah berinteraksi dengan teman sekelas atau di dunia kerja berinteraksi dengan rekan kerja ataupun atasan.
2. Membangun Kepercayaan
Kepercayaan dapat tumbuh apabila terjadi interaksi sosial antara dua orang atau lebih. Manusia tidak dapat serta merta memercayai orang lain begitu saja tanpa pernah berinteraksi dengan satu sama lain.
3. Membantu dalam Penyelesaian Masalah
Masalah tidak dapat terselesaikan begitu saja tanpa ada interaksi. Oleh karena itu, interaksi sangat penting untuk dilakukan agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Bila tidak ada komunikasi yang dilakukan, maka dampak yang dapat dirasakan adalah masalah bisa saja menjadi lebih besar dan bahkan menjadi lebih sulit untuk diselesaikan.
4. Meningkatnya Aksi Solidaritas dan Rasa Kepedulian dalam Masyarakat
Interaksi sosial juga dapat membantu untuk meningkatkan aksi solidaritas dan rasa kepedulian dalam masyarakat. Ketika seseorang sudah dapat mengenal antara satu dengan yang lainnya atau mengenal kelompok masyarakat tertentu dan terbentuk interaksi sosial, maka mereka akan lebih memiliki empati dan simpati untuk saling membantu satu dengan yang lainnya.

Interaksi sosial menjadi penting dengan melihat manfaat dan akibat apabila remaja tidak dapat berinteraksi dengan baik dan bergaul dengan sewajarnya. Banyak akibat dari kurangnya interaksi sosial yang seharusnya diajarkan oleh orang tua kepada remaja sejak kecil, sehingga remaja menjadi terbiasa dan tidak mengalami ketakutan apabila bertemu dengan orang baru, serta mampu berinteraksi dengan baik. Remaja di era berkemajuan seperti sekarang menjadi incaran para pelaku kejahatan. Sifat labil yang ada di remaja menjadi tujuan utama pelaku kejahatan, karena remaja mudah dikelabuhi.

Daftar pustaka

https://www.gramedia.com/literasi/interaksi-sosial/

https://katadata.co.id/intan/berita/61b70ca9bf0a2/pengertian-interaksi-sosial-berikut-contoh-dan-syaratnya

https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/manfaat-interaksi-sosial-13274/

https://www.kompasiana.com/santisartika0711/6123912e06310e0b12647762/pentingnya-interaksi-sosial-terhadap-perkembangan-sosial-remaja


0 komentar:

Posting Komentar