22.6.22

INTERAKSI PARASOSIAL DALAM BENTUK TASK ATTRACTION

 

Interaksi Parasosial Dalam Bentuk Task Attraction

PSIKOLOGI SOSIAL

Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh

Ramahwati (21310410037)

Kelas A Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

 

 Sebagai makhluk sosial pasti tidak luput dari namanya interaksi. Interaksi tersebut dapat diartikan sebagai interaksi sosial, yang menurut Bonner adalah hubungan antara dua orang atau lebih yang aksinya dari individu dapat mempengaruhi kehidupan individu lain. Interaksi bisa mencakup individu berbeda tempat atau bahkan dengan tokoh idola kita yang muncul di media, disebut sebagai interaksi parasosial yaitu respon yang diberikan individu terhadap public figure yang ada di media seakan-akan figur tersebut ada diruangan tempat individu berada. Hal itu terjadi karena otak manusia yang memproses pengalaman melihat melalui media sama seperti pengalaman langsung. Lalu bagaimana bentuk interaksi individu dengan idolanya hingga dapat dikatakan sebagai interaksi parasosial?

Sejak diberlakukannya physical distancing akibat covid 19 sangat berdampak pada kegiatan sehari-hari. Namun pada tahun 2022 terdapat kebijakan baru diperbolehkannya membuka masker diluar ruangan serta penyelenggarakan acara yang sifatnya dihadiri banyak orang dengan syarat tetap menerapkan protokol kesehatan. Menanggapi kebijakan tersebut, dari dunia musik mulai banyak musisi yang menyelenggarakan pertunjukan musik mereka secara offline ataupun konser. Platform-platform media sosial terutama akun yang khusus mempromosikan konser mulai berseliweran. Bagi mereka yang tertarik dengan dunia musik sudah pasti antusias mendengar idolanya akan mengadakan konser. Beberapa minggu lalu, saya sempat berbincang dengan teman saya yang nantinya akan menghadiri salah satu konser musik di Hall Basket Senayan Jakarta pada akhir tahun nanti. Diva termasuk penikmat musik sejak lama dengan genre lebih condong ke pop atau hip hop dengan musik keras dan penuh semangat. Menurutnya lagu dengan genre tersebut lebih mudah dihafal karena pengucapan yang cepat justru akan tergiang-ngiang. Namun untuk kali ini ia memutuskan menonton band  kesukaannya yaitu Boy Pablo. Boy Pablo adalah band asal Negara Norwegia bergenre alternatif/indie dengan Nicolas Pablo Rivera Munoz sebagai vokalisnya. Berawal dari mendengarkan karya berjudul dance baby membuatnya mengagumi karya-karya band tersebut hingga saat ini. Boy Pablo sudah mengadakan konser dua kali  di Indoneisa yaitu pada 2018 dan 2019. Ditahun ini  Boy Pablo memutuskan konser ketiga kalinya pada 3 Desember 2022 dan Diva berkesempatan menonton konser tersebut. Upaya itu ia lakukan sebagai bentuk self reward atas gaji yang ia kumpulkan selama ini. Ia bangga akan hal itu, tidak ada penyesalan sama sekali karena kesempatan tidak datang dua kali bahkan bisa menambah relasi antar sesama penggemar. Diva biasanya mengikuti akun-akun yang memang mengadakan event musik seperti We The Fest,Djakarta Warehouse Project, dan Joyland fest untuk mendapatkan informasi. Dari sekian musisi luar negeri yang mengadakan konser di Indonesia pada tahun ini, Diva lebih memilih menonton Boy Pablo karena ia mengagumi talenta yang dipunyai band tersebut dalam mengolah dan membawakan karyanya.

Terdapat tiga bentuk dalam interaksi parasosial, yaitu task attraction, identification attraction, dan romantic attraction. Jika dikaitkan  dengan ketiganya maka bentuk interaksi parasosial Diva yaitu task attraction karena ia mengagumi Boy Pablo  berdasarkan kemampuan talenta yang dimiliki band tersebut. Sedangkan identification attraction yaitu individu merasa memiliki kesamaan dengan public figure favoritnya sehingga timbul keinginan untuk menjadi public figure tersebut, dan romantic attraction adalah perasaan kuat dan mendalam terhadap public figure, kebutuhan akan kedekatan secara fisik maupun emosional, dan melihat potensi dalam diri public figure untuk membentuk romantisme.

 

Daftar Pustaka

https://www.gramedia.com . “Interaksi Sosial: Pengertian, Ciri-ciri, Syarat,Faktor dan Contoh”. Diakses pada 21 Juni 2022.https://www.gramedia.com/literasi/interaksi-sosial/#3_Walgito 

https://repositori.usu.ac.id “Gambaran Interaksi Parasosial pada Remaja Penggemar K-Pop ”. Diakses pada 21 Juni 2022.

https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/23945/151301072.pdf?sequence=1&isAllowed=y 

https://www.neliti.com   . “Interaksi Parasosial “. Diakses pada 21 Juni 2022.  

https://www.neliti.com/id/publications/66389/interaksi-parasosial

 

 


 


 

 

0 komentar:

Posting Komentar