28.6.22

PERBEDAAN AGAMA ANTAR INDIVIDU

PSIKOLOGI SOSIAL

ESSAY 3

Oleh :

ElfaHidayatrrohmah (21310410033)

Kelas A Reguler

Semester Genap T.A 2021/2022

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.

    Sebagai makhluk hidup, sangat penting bagi kita untuk berkomunikasi kepada antar individu untuk membicarakan berbagai hal dan menambah informasi penting. Secara singkat, interaksi merupakan suatu kegiatan atau komunikasi yang dlakukan oleh dua orang atauu lebih dan mendapatkan timbal balik.

    Interaksi sosial antar individu adalah pertemuan antara seseorang dengan individu lainnya yang bertujuan untuk memberi respons dan aksi untuk jadi teman dan saling bekerja sama jika reakinya positif. Tetapi, jika reaksi tersebut negatif, akan muncul kemungkinan konflik atau pertentangan antar individu ke individu lainnya. 

    Kali ini penulis mendapatkan salah satu narasmber yang menarik karena beliau hidup dengan satu keluarga namun beda keyakinan atau agama. Beliau beragama muslim namun kakak beliau beragama katholik. Sebelumnya penulis sudah meminta izin kepada narasumber untuk di jadikan tema kali ini dan beliau menyetujuinya.

Penulis : Bagaimana sikap kakak anda saat anda melakukan ibadah puasa pada bulan April silam, apakah beliau terganggu dengan aktifitas anda saat menjalankan ibadah seperti saat sahur atau tadarus dll

Narasumber : Tidak, beliau tidak terganggu malah justru beliau yang membangunkan saya untuk sahur bahkan beliau juga menyiapkan makanan untuk sahur. Beliau juga tidak keberatan saat saya menyalakan pengeras suara untuk mendegarkan murotal pada sore hari saat menunggu waktu buka puasa tiba. 

Penulis : Lalu bagaimana tanggapan beliau saat anda merayakan hari kemenangan pada bulan lalu?

Narasumber : Ohhh tentunya beliau sangat excited bahkan beliau membantu saya untuk menyiapkan semuanya seperti saat saya bersih-bersih rumah beliau malah berkata “jangan capek-capek kau itu sedang puasa takut nanti batal puasannya”. Beliau baik banget kepada saya.

Masi banyak lagi pertayaan-pertanyaan yang penulis berikan kepada narasmber, namun dari hasil wawancara yang penulis lakukan kemarin mendapatkan kesimpulan bahwa beda agama atau keyakinan tidak akan memisahkan antar anggota keluarga. Pada dasarnya suatu perbedaanlah yang justru bisa menyatukan antar individu tersebut, bahkan saling melegkapi untuk medapatkan satu tujuan yang sama  yaitu mempererat tali persadaran.

Daftar Pustaka

https://kids.grid.id/read/472982965/contoh-dan-pengertian-interaksi-sosial-antar-individu-dengan-individu

https://www.hipwee.com/narasi/cinta-antaragama-dan-sabar-hati/

0 komentar:

Posting Komentar