5.6.22

MENGENAL THRIFTING, TREN BISNIS YANG KINI DIGANDRUNGI ANAK MUDA




PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

 Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Anisa Zakiatun Nufus (21310410083)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

      Gaya hidup di rumah saja selama pandemi Covid-19 ini membuat banyak anak muda dan didalamnya juga termasuk mahasiswa mulai mengembangkan bisnis. Hampir sebagian besar bisnis anak muda ini memanfaatkan teknologi digital agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Kemunculan bisnis anak muda ini menjadi pertanda baik bahwa  banyak dari kalangan anak muda yang berani mencoba hal baru. Dengan begitu, anak muda pun akan turut membantu pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), memberdayakan masyarakat sekitar, hingga ikut serta dalam kemajuan perekonomian Indonesia.

      Salah satu bisnis yang sekarang banyak digandrungi anak muda adalah bisnis thrifting, thrifting sendiri merupakan aktivitas membeli barang bekas. Secara bahasa thrift  diambil dari kata thrive yang berarti berkembang atau maju. Sedangkan kata-kata thrifty sendiri dapat diartikan sebagai cara menggunakan uang dan barang lainnya secara baik dan efisien, sehingga thrifting dapat diartikan sebagai kegiatan membeli barang-barang bekas dalam rangka melakukan penghematan atau menggunakan uang dengan efisien. Sehingga jika diartikan dalam dunia bisnis, Thrifting mempunyai arti upaya dalam menjual barang bekas dengan kualitas yang masih  bagus dan layak digunakan.

      Banyak faktor yang membuat kalangan anak muda melirik bisnis thrifting ini, salah satunya karena thrift merupakan bisnis kekinian, thrift di Indonesia merupakan hal yang baru terjadi beberapa tahun ke belakang, bahkan sedang menjadi sangat tren di masa kini, sehingga menghasilkan peluang besar dalam menjalankan bisnis, selain itu, bisnis thrifting memiliki banyak peminat, terutama di kalangan anak muda, bisnis thrifting juga cocok dipasarkan di berbagai platform digital, yang tentunya akan mempermudah dalam pemasaran dan memperluas pangsa pasar.

      Salah satu anak muda yang terjun kedunia bisnis thrifting ini adalah teman saya yang bernama Muammar Yury Gagarin Sembiring, berumur 19 tahun, saya pun mewawancarainya terkait bisnis thrifting yang ia kelola, kurang lebih sebagai berikut hasil wawancara yang saya dapatkan.

Bagaimana awal mula anda mendirikan bisnis thrifting tersebut?

“Awal mulanya saya menjual baju saya yang sudah tidak terpakai, awalnya saya kira tidak akan laku, ternyata harganya masih lumayan menguntungkan, nah dari situ saya beranikan diri membeli satu bal paket usaha thrift dengan modal dari orang tua.”

Berapa modal awal anda dalam memulai bisnis thrifting ini?

“Modal awal saya sebesar 7 juta.”

Sudah berapa lama anda menjalankan bisnis thrifting ini?

“Baru satu tahun saya menjalankan bisnis thrifting saya.”

Apakah ada kesulitan yang anda hadapi dalam bisnis thrifting yang anda jalankan Selama ini?

“Tentu saja aja, karena setiap bisnis pasti ada kesulitannya masing-masing, begitupun bisnis thrfiting saya, kadang susah laku, dan kadang diberi riview jelek oleh sesama penjual.”

Media apa saja yang anda pakai dalam mempromosikan bisnis anda?

“Saya mempromosikan bisnis saya diberbagai platform media sosial, seperti di shopee, facebook, dan instagram,”

Selanjutnya, apa yang membedakan bisnis anda dengan bisnis thrifting yang lain?

“ Yang membedakan adalah dari segi harga ya, saya berusaha memberikan harga yang terjangkau tapi dengan tetap memperhatikan kualitas barang yang saya jual.”

      Anak muda tak terkecuali mahasiwa sangat berperan penting dalam memajukan sektor UMKM, didukung dengan SDM yang berkualitas tentu akan menghadirkan UMKM dengan wajah baru, dengan digitalisasi pasar, membuat pemasaran menjadi lebih mudah dan efisien. Anak muda yang cerdas dan inovatiflah yang menjadikan UMKM Lebih maju dan berkembang.

 

 

Daftar Pustaka

Finance, Adira. (24 Agustus 2021). “Tren Bisnis Anak Muda yang Bikin ‘Cuan’”. Diakses pada 05 Juni 2022, dari https://www.adira.co.id/detail_berita/metalink/tren-bisnis-anak-muda-yang-bikin-cuan

Gafara, Ghesa. (2019). “a brief history of thrifting”. Diakses pada 5 Juni 2022, dari https://www.ussfeed.com/a-brief-history-of-thrifting/

Jurnal entrepreneur. “Bisnis Thrift Store, Peluang Bisnis yang Besar?”. Diakses pada 5 Juni 2022, dari https://www.jurnal.id/id/blog/bisnis-thrift-store/

 


0 komentar:

Posting Komentar