6.6.22

MEMUALAI BISNIS KETIKA MASIH MENJADI MAHASISWA



PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Essay 2

Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Meli Nur Hidayah (21310410085)

Kelas A (Reguler)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu :

Dr. Arundita Shinta,M.A.

 

Masa pandemic tentu saja seperti mimpi buruk yang sangat Panjang bagi semua manusia, mulai dari bidang Pendidikan, bidang Kesehatan dan juga bidang ekenomi menjadi sangat terkendala. Hal ini tentu saja juga di rasakan oleh saya yang notaben nya pada saat itu masih duduk di bangku SMK. Ada banyak sekali hal yang amat sangat menghambat gerak saya, mulai dari sekolah, bersosialisasi dengan lingkungan dll. Namun ada satu hal sangat terkendala akibat pandemic yaitu masalah ekonomi.

Tentu saja ini membuat otak saya terus berputar untuk mencari jalan keluar bagaimana cara nya mencari uang tambahan untuk biaya hidup dan biaya sekolah saya, mengingat pekerjaan orang tua yang mulai terkendala akibat covid 19 ini yang membuat penghasilan orang tua saya berkurang. Sebagai anak yang sudah cukup dewasa tentu saja ini menjadi hal yang sangat mengganggu pikiran saya. Akhirnya dari sini munculah ide untuk memulai bisnis kecil kecilan, saat itu di bulan puasa yang sedang mengalami social distancing, akhirnya sekolah memutuskan untuk sekolah jarak jauh yaitu di rumah. Namun saya memanfaatkan nya untuk berbisnis yaitu dengan menjual kue kering, mulai dari membeli bahan dan membuatnya kemudian saya antar kepelanggan, tentu saja sangat melelahkan namun saya sangat bersyukur bisa menghasilkan uang sendiri dan orang tua sagat bangga dengan hal tersebut.



Itu tidak bertahan cukup lama karena mengingat bulan puasa hanya 1 bulan lamanya. Namun tidak berhenti disini akhirnya saya mencari cara lain untuk mendapatkan uang. Teringat akan hobby saya yang berhubungan dengan kreativitas jadi saya mencoba beberapa kerajinan yang tentu saja belum ada di daerah tempat tinggal saya. Awal mula nya saya tidak langsung menawarkan produk yang saya buat, pertama kali saya membuat nya untuk teman saya yang sedang berulangtahun yaitu bouquet snack yang saya buat sendiri. Dari situ mulailah muncul ketertarikan orang pada karya yang saya buat dan alhasil mulai lah orang memesan nya pada saya yang produknya saya namai Famely Bouquet.. Tentu saja saya sangat senang karena karya saya mampu di terima dan di sukai oleh orang lain, dan satu sisi lagi saya bisa menghasilkan uang dengan karya yang saya buat itu. Sekarang bisnis kecil kecilan yang saya rintis sundah mulai berjalan lebih baik lagi sampai saya menjadi mahasiswa.

Tips dari saya untuk bisa memulai bisnis adalah :

1.      1.  Berani, sebagai pembisnis baru maka kita harus berani baik dalam mengambil keputusan atau berani dalam resiko dari keputusan yang dipilih.

2.      2.  Kreatif dan inovatif, dalam berbisnis tentu saja kita harus  memiliki jiwa yang kreatif dan juga inovatif dalam menemukan hal baru yang sebelumnya jarang atau bahkan belum ada.

3.       3. Tekun dan ulet yaitu sifat yang wajib di miliki karena berbisnis bukan lah hal yang mudah awalnya kita mungkin tidak akan langsung mendapat pelanggan atau di tengah perjalanan kita akan  menemukan berbagai kendala, namun kita harus tetap tekun dan ulet dalam menjalankan bisnis agar tetap bisa berjalan dan berkembang.

4.      4.  Bertanggungjawab. Sebagai pembisnis maka kita harus bertanggung jawab terhadap sesuatu yang sedang kita kerjakan agar orang atau pelanggan puas kepada hasil yang kita buat.

5.     5.   Ikhlas dan sabar, yaitu kita harus ikhlas menerima semua masukan yang di berikan oleh pelangngan kepada produk yang kita jual.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Ardiansyah, T. (2018). THE STRATEGY OF SMALL MEDIUM ENTERPRISES AND ENTREPRENEURS ENTREPRENEURSHIP STUDENT OPPORTUNITIES. Jurnal Ilmiah Econosains15(2), 297-315. https://doi.org/10.21009/econosains.0152.10

 

RAMDANI, Dani. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Faktor External Untuk Mendorong Mahasiswa Menjadi Pelaku UMKM. Jurnal Tiarsie, [S.l.], v. 18, n. 3, p. 91-96, sep. 2021. ISSN 2623-2391. Available at: <https://jurnalunla.web.id/tiarsie/index.php/tiarsie/article/view/108>. Date accessed: 06 june 2022. doi: https://doi.org/10.32816/tiarsie.v18i3.108 

0 komentar:

Posting Komentar