6.6.22

Peluang Bisnis Online Untuk Kalangan Anak Muda

 

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Genap Semester TA 2021/2022

Oleh :

Fariha Aulia Syahda (21310410092)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosis Pengampu:

Dr. Arunati Shinta, MA

source: https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.berdesa.com%2Fbisnis-online-cepat-kaya%2F&psig=AOvVaw05klCNjK2_QFg7K-SdxwD0&ust=1654613198703000&source=images&cd=

Di era yang semakin maju ini banyak sekali perubahan yang terjadi. Dahulu masyarakat menjual dengan cara barter barang lalu berkembang menjadi jual beli dan dari sini masyarakat banyak membuka toko-toko kecil hingga berkembang menjadi kios, ruko, agen hingga mal. Nah, dibalik perkembanga n semua itu kemajuan kembali dalam jual beli salah satunya menggunakan media sosial untuk jembatan transaksi pembelian. Biasanya metode ini dikenal istilah bisnis online atau bisa disebut juga dengan online shop. Bisnis online itu sendiri memiliki pengertian suatu usaha yang dipasarkan melalui media internet dengan banyak sekali macam cara sehingga bisa menghasilkan uang. Tentu saja banyak sekali keuntungan dari bisnis online itu sendiri. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam bisnis online misalnya melakukan promosi di website, blog, lalu yang paling populer adalah jejaring sosial seperti facebook, whatsapp, twitter, Instagram, dan yang paling sering dikunjugi yaitu e-commerce ( shoppe, Lazada, bukalapak , dll).  

            Disini penulis melakukan riset berdasarkan hasil wawancara dari salah satu narasumber yang memulai kariernya dalam dunia bisnis online . Narasumber bernama Sintya Zahro usia 19 tahun dan saat ini masih menempuh Pendidikan di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya jurusan Psikologi semester 2. Berikut penjabaran dari wawancara narasumber.

Bisnis online apa yang sedang anda jalani?

“Bisnis online yang sedang saya jalani yaitu produk hijab, seperti pasmina, segiempat dan juga kerudung langsungan”

Bagaimana awal Anda membuka bisnis online tersebut?

“Awalnya saya tidak membuka bisnis online secara langsung. Mulanya saya menjadi reseller atau tangan kedua dari penjual awal, jadi saya mengambil barang orang lain untuk saya jualkan kembali. Setelah jalan beberapa tahun menjadi reseller saya mulai tertarik untuk membuka bisnis online sendiri, karena sudah ada pengalaman pada saat menjadi reseller, saya jadi memahami harga pasar dan putar balik modal, setelah saya melepaskan diri menjadi reseller barulah saya membuka bisnis online sendiri. Itulah awal mula saya membuka bisnis online.”

Apa alasan anda mengambil bisnis online di era masyarakat lebih suka berbelanja di official store?

“Tentunya bisnis online ini lebih efisien, saya dapat melakukan hal lain seperti kuliah dan mengerjakan tugas namun tetap bisa fokus pada bisnis online saya ini. wktu nya pun sangat fleksibel dan tidak menghambat aktifitas sehari-hari.”

Apa yang menjadi pembanding bisnis anda dengan bisnis online yang lain?

“Tentunya bisnis yang saya lakukan sesuai dengan harga pasar dan terjangkau tentunya untuk kalangan anak muda dan pelajar, produk yang saya jual pun sudah menyetujui baik itu pada bahan maupun pada jahitannya, karena sebelum menjual produk sudah pasti saya akan survei terkait dan saya akan melakukannya coba nyaman atau tidaknya.”

Berapa omset yang Anda raih dalam jangka waktu perbulan?

“Dikarenakan saya baru merintis, jadi omset yang saya can perbulan nya sebesar Rp 600.000.-.”

Apakah menurut Anda bisnis ini cocok untuk kalangan pemuda yang baru merintis suatu bisnis?

“Tentu saja sangat cocok, bila masih takut untuk mencoba bisnis online kecil-kecilan, kalian bisa selangkah demi selangkah dengan menjadi reseller terlebih dahulu, seperti pengalaman saya sebelumnya, agar terbiasa dengan balada perdagangan produk.”

    Dari hasil wawancara diatas dapat dikatakan bahwa bisnis ini sangat cocok bagi para pemula khususnya di kalangan anak muda yang ingin terjun dalam dunia bisnis . Selain caranya yang mudah dan modalnya juga tidak terlalu besar dan pendapatannya pun bisa untuk investasi di masa yang akan datang.


Daftar Pustaka

Wahyuningtyas, AC (2019). Berbisnis Online Melalui Media Sosial. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi                      , 7(2). 

doi:10.23887/ekuitas.v7i2.18197.

IAIN KEDIRI (nd). Bisnis Online  . 

[online] Tersedia di:

http://etheses.iainkediri.ac.id/35/4/7%20BAB%20II.pdf [Diakses 6 Juni 2022].


0 komentar:

Posting Komentar