6.6.22

MELESTARIKAN BUDAYA DAERAH DENGAN KLINIK SAINS

 

Oleh :

Destiana Dini Safitri

NIM : 21310410090

Kelas Reguler (A)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Tugas Essay Prestasi Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M. A


    Masa sekolah memang menyenangkan, namun akan lebih menyenangkan jika kita aktif mengikuti kegiatan ataupun lomba. Dengan aktif mengikuti kegiatan, organisasi, ataupun lomba akan membawa dampak yang positif bagi diri kita. Selain menambah nilai dan wawasan, dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut akan menambah teman dan juga pengalaman kita. Kita akan terbiasa bersosialisasi, bekerja sama, mengatur waktu, belajar bertanggung jawab, dan berkompetisi.

    Saat menempuh pendidikan di SMK dengan program pendidikan teknik perancangan dan gambar mesin, saya mengikuti beberapa organisasi untuk mengisi waktu luang saya dan agar saya bisa mendapatkan banyak teman dan juga pengalaman. Saya juga pernah mengikuti beberapa lomba, salah satunya adalah lomba kreativitas siswa yaitu klinik sains. Klinik sains merupakan lomba yang dapat menggali kreativitas siswa dalam mengembangkan ide-idenya. Saat itu saya bersama dengan dua orang teman saya mencoba membuat proposal dengan ide masing-masing dengan di dampingi oleh guru saya. Tiba di waktu pengumuman, ternyata yang lolos adalah proposal milih teman saya, namun karena untuk membuat pameran klinik sains secara berkelompok, maka kami bertiga bekerja sama menjadi satu kelompok. Saat itu proposal yang lolos adalah modifikasi canting batik menjadi canting elektrik hemat energi. Karena di daerah saya dekat dengan sentral batik, maka untuk tetap melestarikan budaya akhirnya terpikirkan ide tersebut. Dengan anggaran dari dinas, kami mengerjakan canting elektrik tersebut dalam kurun waktu kurang lebih 1 bulan. Kami melakukan percobaan beberapa kali dan juga meminta bantuan pada siswa teknik instalasi tenaga listrik untuk diajari cara merangkai listrik dengan energi yang lebih sedikit.

    Dengan klinik sains tersebut juga lah saya akhirnya memiliki pengalaman baru, yaitu membatik. Saya belum pernah belajar membatik sebelumnya, namun karena lomba tersebut saya jadi bisa membatik. Tiba lah waktunya untuk pameran, saat itu pameran diadakan di BLPT (Balai Latihan Pendidikan Teknik). Pameran diadakan dalam waktu dua hari, kami mempersiapkan pameran dari sore, memang melelahkan namun kami senang dengan hasilnya. Rasanya lelah yang kami rasakan terbayar sudah dengan pameran yang berhasil dan berjalan dengan lancar. Memang saat itu sayang sekali, kami tidak bisa lanjut ke babak berikutnya, namun kami bersyukur sudah bisa sampai tahap tersebut.

    Dalam lomba tentu sudah biasa ada menang dan kalah, dari lomba-lomba tersebut kita akan belajar untuk berkompetisi. Kita akan mendapatkan banyak teman baru, kita juga akan mendapatkan pengalaman baru, wawasan baru, cara mengatur waktu yang baik, cara bertanggung jawab, belajar agar selalu berfikir positif, dan tentu saja dengan lomba kita dapat mengembangkan ide-ide terpendam kita. Menang kalah tentu sudah biasa dalam kompetisi, yang penting kita tidak boleh merasa kecil hati dan harus tetap semangat untuk mengikuti lomba-lomba berikutnya.  

 

 

Daftar Pustaka

Lestariningsih, S., Dharmastiti, R., & Moyoretno, B. (2013). Evaluasi Canting Elektrik (Canting Lama) Sebagai Dasar Perbaikan Dalam Pengembangan Canting Elektrik (Cantrik) Studi Kasus di Balai Besar Kerajinan dan Batik. Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah, 30(1), 53-66.

0 komentar:

Posting Komentar