6.6.22

Berorganisasi Sampai Berprestasi

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI  

DOSEN PENGAMPU: Dr. Arundati Shinta, MA. 

Semester Genap T.A 2021/2022 

Oleh: Rizki Amelia Saputri (21310410035)

Kelas Psikologi A 

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA 

Essay Prestasi

Organisasi yang ada di sekolah di bentuk untuk mengembangkan pengalaman, bakat dan kerja sama antar siswa. Organisasi biasanya ada yang di laksanakan pada pagi hari atau sore hari setelah pulang sekolah, namun secara umum organisasi yang ada di sekolah di lakukan pada saat sore hari. Di setiap organisasi yang ada biasanya terdapat suatu kegiatan yang dikenal dengan ekstrakulikuler. Hal ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang baik untuk siswa dan siswi lebih berkembang.

Organisasi yang saya ikuti di SMA yaitu, OSIS, Ikatan Remaja Musholah Sekolah, dan Sanggar Seni. Saya mengasah bakat saya di Sanggar Seni Sekolah di bidang musik dan tari. Sekolah saya sering mengikuti beberapa lomba. Dan Sekolah saya sering mendapatkan Juara 1 dalam lomba Tari. Sekolah saya sudah di kenal dan unggul di dalam bidang Seni. 

Kegiatan di 3 organisasi yang saya masuki ini sering kali jadwal latihan dan kumpul wajib yang bertabrakan. Dengan seperti ini saya di ajar untuk bisa membagi waktu saya, tanggung jawab saya di masing-masing  organisasi yang saya masuki ini. Tidak gampang berbagi waktu 1 hari di 3 organisasi. Setiap organisasi tidak ingin di nomor duakan. Jadi saya harus siap untuk mendapatkan konsekuensi dari senior walaupun saya tetap hadir dan kumpul di setiap organisasi di satu hari ini dengan keterlambatan. Tidak hanya itu, mendapatkan kepercayaan dan izin dari keluarga terutama Orang Tua sangat sulit, saya sangat menjaga kepercayaan orang tua saya. Sepuluh sekolah saya lanjut OSIS, setelah OSIS kadang saya pulang ke rumah dan meminta izin ke rumah tua untuk lanjut latihan menari persiapan lomba. Alhamdulillah orang tua saya memberikan kepercayaan itu, dan saya berhasil menjaga kepercayaannya. 

Berbagai ujian yang saya dapat selama berorganisasi terutama Sanggar Seni, soalnya terkadang saya pulang tengah malam dan bahkan tidak pulang selama 1 hari demi menampilkan penampilan yang luar biasa ketika lomba. Saya pernah di fitnah sama tetangga, kalau saya pulang tengah malam karena jalan sama laki-laki. Berbagai fitnahan yang saya terimah, tapi saya tetap menghiraukannya, tapi orang tua saya sedih melihat saya di fitnah. Dan saya berusaha untuk tetap sabar dan berniat suatu saat saya bisa menyuap ke mulutnya dengan prestasi yang saya raih di Sekolah dan yang saya lakukan hal positif. 


Pada tanggal 20 Februari 2020, LLDIKTI wilayah IX Sulawesi & Gorontalo mengadakan Lomba Tari Tradisional Kreasi Tingkat Pelajar yang di adakan di Celebes Convention Center-Makassar. Kegiatan tersebut di adakan selama 3 hari berturut-turut. Alhamdulillah perwakilan dari sekolah saya, Sanggar Seni Pangadakanna mendapatkan Juara 1 Tradisional Kreasi Tingkat Pelajar. 

Sudah sering mengikuti lomba-lomba Tari tapi saya hanya bisa mendapatkan 1 Sertifikat ini saja, karena sertifikat yang lain di berikan kepada sekolah. Tidak apa-apa, yang penting pengalaman, saya dapat banyak pengalaman selama Di SMA, sebagai bonusnya di dalam berorganisasi. 


0 komentar:

Posting Komentar