5.6.22

MAHASIWA DAN KEWIRAUSAHAANYA

 

MAHASISWA DAN KEWIRAUSAHAANYA


Rahayu Nur Kholifah (21310410079)
Essay 3 (UMKM Mahasiswa)
Psikologi Industri dan Organisasi
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Bicara mengenai pelaku ekonomi kita semua pasti pernah mendengar yang namanya UMKM

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang sudah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

 UMKM adalah salah satu penggerak ekonomi bangsa, sehingga keberadaanya sangatlah penting. Bagi pelaku usaha UMKM sangat memberikan peluang untuk membuka lapangan kerja baru. Perkembangan UMKM sendiri akan sangat baik apabila setiap masyarakat ikut berpartisipasi termasuk perguruan tinggi dan mahasiswa.

Peran mahasiswa dalam UMKM juga sangat penting dan bermanfaat,  perguruan tinggi memberikan ilmu kewirausahaan yang bukan hanya teori saja tetapi juga ada pengaplikasiannya. Dengan ilmu tersebut maka mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang nyata dan memahami dunia usaha.

Dan pengalaman itulah yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk membantu pengusaha kecil dan menengah untuk mengelola dan mengembangkan usahanya.

Dalam pengalaman pribadi saya telah melakukan UMKM bersama rekan-rekan saya dimana mereka juga terlibat langsung baik ketika proses mencari ide berjualan sampai terjun ke lapangan langsung untuk menjual. Awalnya, merasa ragu akan apa yang sudah di rencanakan tetapi dengan tekad yang kuat dan berusaha semaksimal mungkin maka tetap kita lakukan.

Kami berjualan es pada saat bulan ramdhan, berawal dari hanya ingin mencoba agar hari-hari kita bisa produktif dengan berjualan. Saat proses penjualan sedikit kesulitan dalam menjual,mungkin karena kita kurang menguasai strategi marketing yang luas sehingga merasa kesulitan saat pertama kali berjualan.

Tidak hanya dari pengalaman pribadi saja namun saya juga melakukan wawancara terhadap beberapa rekan mahasiswa saya yang juga sedang melakukan UMKM yaitu berjualan makanan. Namanya adalah Dinna Agustin beliau adalah seorang mahasiswi. Saya bertanya kepada beliau terkait produk yang dijual  “Produk apa sih yang saat ini sedang dijual?”. Produk makanan yang dijual ternyata bakso goreng “Saya menjual makanan bakso goreng yang di racik dengan bumbu khas buatan saya” Ujar Dinna.

Tidak hanya itu juga, saya bertanya mengenai modal dan keuntungan yang  di dapatkan dinna saat berjualan “Pertama modal nya memang tidak begitu gede untuk awal mungkin kurang lebih sekitar 300rb dan keuntungan yang didapatkan bisa lebih dari 300rb itu .” ujarnya.

 

 

Referensi :  

Effendy AA, Sunarsi D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Mendirikan UMKM. Jurnal ilmiah MEA. Journal.stiemb.ac.id

Tambunan T. (2014). UMKM Indonesia. Repository.trisakti.ac.id



0 komentar:

Posting Komentar