5.6.22

UMKM DI KELOLA MAHASWA? BISA SUKSES GAK YA?

 


PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Semester Genap T.A 2021/2022

 Oleh :

Refiskha Salsa Billa (21310410095)

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

Usaha mikro, kecil, dan menengah dikenal dengan istilah UMKM. Bisnis ini biasanya memiliki kurang dari 500 karyawan dan biasanya dioperasikan oleh pengusaha perorangan. Pada dasarnya UMKM adalah pengertian usaha atau usaha yang dilakukan oleh perorangan, kelompok, badan usaha kecil, dan keluarga Indonesia sebagai negara berkembang sangat mengandalkan usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk menopang perekonomian masyarakatnya. Hal ini dilakukan untuk membantu mengembangkan kemandirian sosial dan ekonomi di tanah air, khususnya di bidang bisnis. Kualitas perkembangan UMKM di Indonesia terus membaik karena dukungan kuat pemerintah terhadap pengembangan para penggiat usaha UMKM, yang sangat penting untuk meramalkan kondisi perekonomian ke depan serta menjaga dan memperkuat struktur perekonomian nasional.

Tantangan besar untuk meningkatkan kinerja usaha kecil Indonesia adalah menemukan karyawan terampil yang siap menjalani transformasi digital. Kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri, dan lembaga pendidikan sangat penting untuk menciptakan solusi yang efektif untuk masalah. UMKM, atau bisnis yang dimiliki dan dikelola oleh mahasiswa, menjadi lebih umum. Lalu apakah mahasiswa dapat memiliki UMKM dan apakah bisa berhasil? Tentu saja bisa dong, berikut adalah hasil wawancara dan tips-tips mengelola UMKM untuk mahasiswa yang masih pemula

Apasih strateginya?

1.       Memiliki konsep usaha

2.       Membuat merk yang menarik, mudah di ingat dan diucapkan

3.       Memiliki ciri khas seniri yang menarik dan tentu saja berbeda dari produk yang lain

4.       Mempromosikan produk di media sosial

5.       Jangan mudah menyerah apabila omset usaha sedang turun

Nah, itu dia teman-teman, tips-tips yang saya dapatkan Ketika mewawancara UMKM yang sukses Kelolala oleh mahasiswa. Gimana? Sangat membantu ya tipsnya. Untuk teman-teman yang ingin memulai, jangan pantang menyerah ya. Buktikan bahwa mahasiswa juga bisa lohh mempunyai usaha sendiri di tengah tengah kesibukannya sebagai seorang pelajar.

 

Daftar Pustaka

Agusria, L., Hamid, A., Puspa, D., & Widyaningsih, I. (2021). KIAT SUKSES MENGEMBANGKAN UMKM “JAMAN NOW” Penyuluhan Tips Labelling Produk UMKM Kerupuk Kemplang Kota Kayu Agung. suluhabdi3(1), 55-60.

 

Sumber gambar:

https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrKAgvplJxiOaItMFTWQwx.;_ylu=c2VjA2ZwLWF0dHJpYgRzbGsDcnVybA--/RV=2/RE=1654457705/RO=11/RU=http%3a%2f%2fwww.kabarnusantara.id%2fkepala-dinas-koperasi-dan-ukm-garut-salurkan-bantuan-bagi-pelaku-usaha-mikro%2f/RK=2/RS=2waeAfav_TWNEfhv6bAmW87tN7M-

0 komentar:

Posting Komentar