30.6.22

Korelasi Interaksi Sosial Dalam Kelompok Masyarakat

 


ESSAY 3 PSIKOLOGI SOSIAL


Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.


Semester Genap T.A 2021/2022


Oleh :

Alwiyah Dwi Pratiwi (21310410034)

Kelas A (Reguler)


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Korelasi Interaksi Sosial Dalam Kelompok  Masyarakat


Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis. Interaksi yang terjadi berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok atau individu dengan kelompok. Interaksi sosial dapat terjadi bila dua individu atau kelompok melakukan kontak sosial dan komunikasi. Dimana kontak sosial ini merupakan tahap pertama dari terjadinya interaksi sosial. Sedangkan komunikasi merupakan cara penyampaian suatu informasi, pemberian tafsiran dan reaksi terhadap suatu informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana interaksi sosial terjadi dalam masyarakat, saya melakukan wawancara dengan ketua karang taruna di desa saya. Berikut adalah hasil wawancara yang telah dilakukan.

1. Bagaimana cara anda membangun interaksi dengan anggota anda yang lain?

Jawaban : Sebenarnya interaksi itu terjadi begitu saja setiap saat. Mungkin sebagian orang yang terlibat dalam interaksi tidak menyadari perannya. Namun sejauh ini untuk membangun sebuah interaksi tentu harus ada seorang komunikator dan komunikan agar pesan yang ingin disampaikan bisa tepat sasaran dan interaksi antar anggota dapat terjadi.

2. Apakah ada kendala yang dialami saat berinteraksi?

Jawaban : Dalam sebuah kelompok tentu terdapat banyak orang dengan karakter yang berbeda juga. Seringkali kendala yang kami alami saat terjadinya interaksi adalah perbedaan pendapat antar anggota.

3. Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Jawaban : Untuk mengatasi masalah tersebut kami melakukan akomodasi untuk menciptakan keseimbangan interaksi sosial yaitu dengan kompromi merupakan upaya untuk mendapatkan kesepakatan di antara dua pihak yang berbeda pendapat atau berselisih paham, tujuannya untuk menyelesaikan perselisihan.

4. Apakah ada interaksi sosial lain yang terjadi selain interaksi antar anggota karang taruna?

Jawaban : Ya ada, selain interaksi antar anggota, kami juga melakukan interaksi sosial dengan kelompok lain misalnya dengan remaja masjid dan karang taruna desa sebelah. Kita sering melakukan kerjasama dengan organisasi lain untuk melakukan kegiatan sosial bagi masyarakat.

5. Menurut anda apakah interaksi itu penting?

Jawaban : Menurut saya interaksi itu sangat penting karena dengan interaksi dapat mempererat hubungan antar anggota,membangun kepercayaan, serta meningkatkan solidaritas dan kepedulian. Selain itu banyak juga hal-hal positif lain yang bisa didapat dari berinteraksi.

Jika dilihat sekilas, sepertinya interaksi hanya sebatas saling berbincang satu sama lain saja. Namun, ternyata interaksi tidak dapat semudah itu terjadi. Dari hasil wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam membangun sebuah interaksi diperlukan kerja sama yang baik dari semua pihak yang terlibat, saling berkomunikasi dan memberi feedback adalah suatu hal yang penting. Dengan begitu akan dapat tercipta interaksi yang nyaman dan sesuai dengan tujuan bersama. 

Dibalik itu semua interaksi juga memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari tentunya kita tidak bisa lepas dari berinteraksi dengan orang lain. Dengan adanya interaksi dapat meningkatkan rasa kepedulian dan membangun solidaritas. Selain itu interaksi juga membantu mempererat hubungan dengan orang lain dan menciptakan kerja sama yang baik.






Daftar Pustaka 

Pengertian Interaksi Sosial, Berikut Contoh dan Syaratnya.Niken Aninsi.13 Desember 2021.katadata.co.id. https://katadata.co.id/intan/berita/61b70ca9bf0a2/pengertian-interaksi-sosial-berikut-contoh-dan-syaratnya

0 komentar:

Posting Komentar