30.6.22

Kolaborasi antara UMKM Dan Mahasiswa Milenial Ditengah Pandemi



 ESSAY 3 PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI


Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.


Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Alwiyah Dwi Pratiwi (21310410034)

Kelas A (Reguler)


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Kolaborasi antara UMKM Dan Mahasiswa Milenial Ditengah Pandemi


Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM merupakan suatu usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Usaha Mikro Kecil Menengah adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Secara lebih jelas, pengertian UMKM diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah. Dalam Undang-Undang tersebut disebutkan bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah adalah sesuai dengan jenis usahanya yakni usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah.

Belakangan ini kerap muncul berbagai jenis UMKM baru karena adanya pandemi Covid-19. Para pelaku usaha melakukan kegiatan tersebut tak lain karena terkena dampak pandemi. Ada yang kehilangan pekerjaan, sengaja keluar dari pekerjaan, atau karena adanya pembatasan kerja yang membuat para pekerja tidak dapat melakukan pekerjaannya dan harus tinggal di rumah. Hal ini tentu membuat pendapatan yang diperoleh menjadi berkurang dan terpaksa harus mencari alternatif lain agar penghasilannya tetap stabil.

Selain itu adanya kebijakan pembelajaran daring oleh pemerintah juga membuat sebagian besar pelajar atau mahasiswa mulai mencoba untuk mengembangkan usaha.Meskipun demikian, ada pula pelaku usaha yang memang sudah memulai usahanya sejak sebelum pandemi. Salah satunya adalah salah satu mahasiswa yang menjadi objek wawancara saya saat itu.

Ia adalah seorang mahasiswa milenial yang telah memulai usahanya tepat satu tahun sebelum pandemi. Ia memiliki usaha dibidang kuliner.Hingga saat ini ia sudah dapat mengembangkan UMKM yang dijalankannya dengan baik. Perlahan tapi pasti, dari waktu ke waktu berbagai perubahan dalam usahanya telah terjadi.

Berikut adalah hasil wawancara yang telah saya lakukan sebelumnya.

1. Apa alasan anda memulai usaha ini?

Jawaban : Karena sejak dulu saya sudah memiliki keinginan untuk membuat sebuah usaha UMKM namun belum dapat terlaksana. Hingga pada akhirnya saya memiliki kesempatan untuk mewujudkan sehingga dapat memiliki usaha yang ada saat ini

2. Bagaimana anda membagi waktu antara mengelola usaha dan kuliah?

Jawaban : Saya membuat jadwal dengan membuat rincian jadwal secara detail untuk aktivitas kedepannya, seperti membuat jadwal kerja dan deadline tugas kerja, membuat jadwal perkuliahan dan deadline untuk tugas kuliah juga menjadi fokus. Selain itu, saya juga menentukan skala kegiatan prioritas yang akan memudahkan dalam mengatur waktu kuliah dan kerja. Misalnya jika sebentar lagi akan melaksanakan ujian maka saya membuat komitmen kepada diri sendiri agar menyelesaikan tugas kuliah dan belajar kemudian jika ada waktu luang saya akan mengurus usaha yang saya miliki.

3. Mengapa anda memilih usaha kuliner?

Jawaban : Saya memilih usaha di bidang kuliner karena tidak membutuhkan modal yang banyak dan semua orang pasti menyukai makanan. Selain itu, dengan melakukan bisnis kuliner secara online juga tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan. Strategi pemasarannya juga tidak terlalu sulit.

4. Apa saja masalah yang dialami selama mengelola usaha?

Jawaban : Selama mengelola usaha beberapa masalah yang pernah terjadi salah satunya adalah saat ada banyak pesanan mendadak kemudian saya kehabisan bahan baku. Kemudian juga terkadang ada kendala jaringan yang sedikit susah saat melakukan pemasaran secara online. Selebihnya berjalan dengan lancar tanpa ada masalah lain

5. Bagaimana cara anda mengatasi masalah tersebut?

Jawaban : Belajar dari pengalaman yang sudah terjadi, kini saya sudah memiliki stok bahan baku lebih untuk mengantisipasi jika ada pesanan mendadak. Saat terdapat kendala jaringan saya mencari tempat yang memiliki jaringan internet yang stabil untuk memudahkan dalam mengakses internet

6. Apakah ada perubahan yang anda rasakan saat sebelum dan sesudah memiliki usaha tersebut?

Jawaban : Perubahan yang saya rasakan, saat ini saya sudah dapat belajar mandiri, dapat menghasilkan uang sendiri, dan tentunya mendapat pengalaman baru di bidang bisnis yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya

Pemanfaatan teknologi yang tepat pasti akan menghasilkan manfaat yang baik. Media online saat ini semakin banyak diminati. Dengan adanya kecanggihan teknologi yang semakin pesat dapat menjadi pilihan untuk memperluas jangkauan pasar UMKM yang dimiliki.





Daftar Pustaka 

https://money.kompas.com/read/2022/01/19/051518426/pengertian-umkm-kriteria-ciri-dan-contohnya?page=all



0 komentar:

Posting Komentar