2.6.22

KEKUATAN MAHASISWA DALAM MENDIRIKAN UMKM DAN EFEKTIFITAS PROMOSI MELALUI ONLINE



PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI 2021/2022 

Oleh;

Alita Dwi Nur’Aini (21310410080)

Kelas reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 Dosen pengampu ;

                                                Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

Mahasiswa merupakan generasi muda yang dapat menghadirkan perubahan dari masa ke masa. Mahasiswa harus dapat berperan lebih dalam mengembangkan UMKM di tengah masyarakat, jangan sampai perusahaan besar terus mendominasi dalam pendirian usaha.

Agar UMKM dapat berkembang maka sumber daya manusia pun harusberkualitas. Oleh karena itu, Kompetensi SDM dalam hal pengetahuan, keterampilan, serta keahlian manajerial harus dimiliki oleh pemilik UMKM dan juga setiap individu yang bekerja di UMKM.

Wujud nyata dari dukungan dari perguruan tinggi serta perananlangsung yang dapat mahaiswa lakukan adalah memberikan ilmu kewirausahaan. Bukan hanya berupa teori namun juga dalam pengaplikasiannya. Dengan demikian mahasiswa akan mendapat pengalaman yang nyata dan memahami seluk beluk dunia usaha. Pengalaman tersebut yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk membantu pengusaha kecil dan menengah dalam mengelola dan mengembangkan usahanya.

Pertemuan saya dengan mahasiwi pemilik UMKM online shop bernama anggny mahasiswa kewirausahaan  ini menghasilan pernyatan sebagai berikut ;

1.      Apa yang membuat anda tertarik pada bisnis tersebut ?

  Sebenarnya sudah sejak lama saya diperkenalkan dengan dunia bisnis terutama oleh keluarga saya yang secara turun menurun menjalani berbagai macam usaha dan membuat saya ingin ikut terjun ke dalam dunia bisnis juga. Selain itu saya juga aktif di Social Media yang membuat saya terinspirasi untuk berbisnis di bidang Online Shop, bisnis ini juga  merupakan passion dan hobi saya. Saya sangat tertarik dengan fashion sehingga saya ingin menginspirasi semua orang untuk memperhatikan penampilannya. Menjadi media pengaplikasian imu saya di bidang kewirausahaan juga.

2.      Apakah Anda menemukan kendala dalam berbisnis ini ?

 “ Kendalanya adalah saya sulit untuk membagi waktu dikarenakan selain berbisnis Online Shop ini saya juga menjalani kuliah, maka dari itu saya cukup kesulitan untuk membalas atau merespon orderan dari para customer saya.”

3.      Di media social mana saja Anda memasarkan Produk-produk Online Shop ini ?

“Untuk saat ini saya paling aktif memasarkan di media social Instagram dan e commerce Shopee karena menurut saya Instagram dan shopee masih sangat diminati oleh hampir semua kalangan. Tetapi saya juga menggunakan whatsapp dan Line untuk permintaan orderan.”

 

DAFTAR PUSTAKA

            Peran Mahasiswa dalam Pengembangan UMKM.Leave a Comment.Wirausaha. By stiepari

 Mutasowifin. JIRA.Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 202. ahlimedia.com

0 komentar:

Posting Komentar