3.6.22

KONSTRIBUSI MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN PEREKONOMIAN MELALUI UMKM

KONSTRIBUSI MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN PEREKONOMIAN MELALUI UMKM

Meylita Ayu Herbafalony

NIM : 21310410084

Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tugas Essay ke – 3 Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A


Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian secara luar biasa yang menyebabkan penurunan ekonomi, karena hampir semua negara melakukan pembatasan mobilitas secara ketat. Bahkan banyak negara yang menerapkan lockdown yang memberikan konsekuensi pada perekonomian yang langsung merosot sangat tajam.

Pada saat ini Indonesia telah mampu bangkit dari krisis dan sedang mengalami pembangunan ekonomi yang terbilang bagus. Peran UMKM tidak hanya pada saat krisis, saat ini UMKM semakin berkembang dan memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha yang dapat berkembang dan konsisten dalam perekonomian nasional. Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi wadah yang baik bagi penciptaan lapangan pekerjaan yang direncanakan baik oleh pemerintah, swasta dan pelakunya usaha perorangan.

Saya telah mengunjungi salah satu seorang mahasiswa yang memiliki usaha (UMKM). Beliau bernama Meyli Putri Wulandari saat ini berusia 23 tahun dan telah merintis usaha batik yang bernama “Meyli Collection” selama 3 tahun sejak 2019 hingga sekarang. Dan usahanya di jalankan di tempat tinggal beliau sendiri sebagai tempat produksi.

Hasil wawancara :

1.     Apa yang menginspirasi Saudara untuk merintis usaha ini ?

“Pada awalnya saya memang sangat menyukai budaya batik, sehingga saya memiliki ide untuk berjualan dan memproduksi batik dan alhamdulillah usaha saya lancar dan diminati banyak pembeli”

2.     Berapa jumlah karyawan usaha batik disini ?

“ Untuk karyawan mungkin hanya penjahit doang dua orang”

3.     Apa saja jenis produk yang ditawarkan ?

“ Ada kaos, celana, kemeja, bandana, sarung bantal, taplak meja, dan kain batik”

4.     Bagaimana cara Saudara menawarkan atau mempromosikan kepada masyarakat semua?

“Biasanya saya mengikuti pameran yang diadakan oleh dinas, dan juga saya menjual dengan cara menitipkan barang saya di toko-toko batik”

5.     Apa yang menjadikan keuntungan Saudara setelah menjalani usaha ini ?

“ Yang paling utama tentunya perekonomian keluarga saya sangat terbantu dengan adanya usaha yang saya rintis ini, dapat menjadikan wisatawan lokal ataupun luar menjadi cinta akan budaya batik”

        Namun, perkembangan industri kecil ini tidak selalu berjalan mulus. Berbagai hambatan seringkali dihadapi oleh pelaku UKM, seperti keterbatasan modal, rendahnya kesadaran berusaha, kesulitan pemasaran, pengadaan bahan baku yang terbatas, kurangnya ketrampilan atau pengalaman, lokasi usaha yang tidak tepat dan berbagai masalah lainnya. Faktor-faktor inilah yang menjadikan pemberdayaan UKM bukan saja menjadi perhatian pemerintah, tapi juga sektor lain seperti Perguruan Tinggi.

       Adapun peran kita sebagai mahasiswa untuk berkonstribusi dalam sebuah usaha (UMKM) terhadap masyarakat sekitar yaitu :

a.     1. Meningkatkan daya beli atau laju ekonomi terutama pada UMKM di sekitar yang sedang lesu

b.   2. Membantu meluaskan promosi produk, seperti melakkukan promosi melalui sosial media (Facebook, Instagram, Web, Shopee, dan lain sebagainya)

c.    3.  Pengadaan sarana dan prasarana produksi

d.     4. Memberikan inovasi hasil produksi, untuk menarik daya minat masyarakat

 

REFERENSI :

Halim, Abdul. 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap  Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan.

Warni, Sri. 1 April 2016. Peran Perguruan Tinggi Dalam Mendukung UMKM. 


0 komentar:

Posting Komentar