7.6.22

KEKOMPAKAN DAN KEBERSAMAAN MENJADI KUNCI KEMENANGAN



 

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

 Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Anisa Zakiatun Nufus (21310410083)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

      Organisasi merupakan salah satu tempat dimana kita dapat berkumpul, bertukar pikiran, dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Sebagian besar orang menganggap bahwa, mengikuti suatu organisasi adalah hal yang merepotkan dan banyak memakan waktu. Padahal dengan kita mengikuti suatu organisasi maka disitu kita dipertemukan dengan orang-orang yang dimana kita bisa belajar banyak hal, salah satunya yaitu belajar bagaimana bekerja sama dalam tim, yang nantinya kita akan gunakan dimasa yang akan datang. Tentunya dalam berorganisasi diharapkan bisa mencapai tujuan bersama yang efisien dan efektif. Selain itu saat kita mengikuti suatu organisasi kita dapat membangun relasi, menambah wawasan, mengembangkan kemampuan berbicara atau public speaking skill, mencari prestasi yang bermanfaat, melatih kepemimpinan, belajar memanage waktu, dan masiih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapat dari mengikuti suatu organisasi.

      Karena menyadari begitu pentingnya berorganisasi, saya sudah mulai  aktif ikut berorganisasi dari saya SD, SMP, SMK, bahkan sampai saya dibangku kuliah saat ini.  Sewaktu masih duduk di bangku sekolah, tepatnya saat saya masih SMK, saya  mengikuti beberapa organisasi seperti PRAMUKA, PASKIBRA, dan OSIS.

      Selama mengikuti beberapa organisasi, saya juga ikut berkontribusi dalam lomba yang berkaitan dengan organisasi tersebut, baik tingkat kabupaten bahkan provinsi, saya dan tim berhasil meraih banyak prestasi dan piala selama ikut dalam berbagai lomba, baik lomba Pramuka ataupun paskibra. Salah satu yang paling berkesan adalah saat kami menjuarai beberapa cabang lomba ketangkasan baris berbaris (LKBB) Piala Gubernur Lampung 2018 lalu, Lomba ini digelar dalam rangka peringatan Hari Pahlawan ke-73 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Radar TV dan bekerja sama dengan Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Lampung, diikuti sekitar 2.000 peserta yang terbagi dalam 104 tim se-Provinsi Lampung yang diselenggarakan di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung.

      Ada 2 tim yang dikirim untuk mengikuti lomba ketangkasan baris berbaris se-Provinsi Lampung ini, yaitu 1 tim putra dan 1 tim putri, saya dan teman-teman berhasil meraih prestasi dengan mendapatkan 3 piala dalam lomba ini, tim putra menjadi juara 2 dan tim puti menjadi juara 3. Selain itu, kami juga berhasil menjadi juara sekolah terbaik tingkat SMA/SMK se-Provinsi Lampung, dan yang diberikan langsung oleh Gubernur Lampung saat itu, bapak Muhammad Ridho Ficardo. Lomba ini mejadi salah satu lomba yang paling berkesan untuk saya dan teman-teman karena untuk mendapatkan piala-piala tersebut kami juga berusaha dengan maksimal selama latihan.

      Prestasi yang saya dan tim raih tentu tidak didapatkan dengan mudah, kami harus berlatih selama berhari-hari bahkan berminggu-mingu sebelum lomba dimulai. Selama latihan, tentu kami harus berlatih dibawah terik matahari dari pulang sekolah sampai sore menjelang maghrib, bahkan kami juga berlatih di hari libur, selain berlatih gerakan kami juga harus latihan fisik seperti push up, lari, dan squat jump. Yang tak kalah penting dari gerakan dan fisik yang kuat adalah kekompakan dan komitmen yang serta rasa kekeluargaan yang harus dibangun antara saya dan tim, karena salah satu kunci keberhasilan dalam lomba yang melibatkan sebuah tim adalah kekompakan dan kebersamaan, terlebih lagi dalam lomba ketangkasan baris berbaris ini.

      Perjuangan saya dan tim tidak sia-sia juara yang kami peroleh dalam lomba ketangkasan baris berbaris (LKBB) se-Provinsi Lampung ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, serta menjadi suatu pengalaman yang berharga dan tidak akan pernah kami lupakan.

 



0 komentar:

Posting Komentar