7.6.22

Mengikuti kejuaraan melalui organisasi

 “ORGANISASI BARIS BERBARIS DAPAT MENJADI WADAH UNTUK BERPRESTASI”

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI 

ESSAY PRESTASI 

Oleh :

Dea Khairun Nisa (21310410082)

Psikologi (Reguler)

Dosen pengampuh : Dr. Arundati Shinta, M.A

FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

“ORGANISASI BARIS BERBARIS DAPAT MENJADI WADAH UNTUK BERPRESTASI”

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang prestasi yang bis akita dapatkan dengan mengikuti organisasi baris berbaris perlu diketahui terlebih dahulu apasih sebenarnya organisasi itu? Dan apa saja yang dapat kita dapatkan dengan mengikuti organisasi tersebut selain prestasi? Yang terahir dan paling penting adalah kita harus mengetahui dahulu ap aitu organisasi bari berbaris.

Menurut Prof.Dr. Sondang P. Siagian , oraganisasi adalah suatu bentuk pesekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja Bersama serta secara formal terikat dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan dan dalam ikatan itu terdapat seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan. Sedangkan dalam arti umum, organisasi adalah sebuah wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan tertentu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya.

Setelah kita ketahui Bersama apa itu organisasi, sekarang kita akan membahas tentang apa saja yang dapat kita dapatkan dengan mengikuti kegiatan organisasi baris berbaris ini. Organisasi baris berbaris ini adalah suatu wadah bagi para pelajar untuk dapat menyalurkan ketrampilan baris berbaris mereka. Dengan mengikuti organisasi ini kita juga dapat mengikuti kejuaraan-kejuaraan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi atau bahkan nasional. Saya sendiri telah beberapa kali mengikuti kejuaraan baris berbaris dan alhamdulillah mendapatkan juara. Beberapa kejuaraan yang telah saya menangkan antara lain :

1. Juara 1 lomba baris berbaris tingkat kabupaten 

2. Juara 3 lomba baris berbaris tingkat kabupaten 

3. Juara 2 lomba gerak jalan tingkat kecamatan

Tidak hanya mendapatkan piala-piala tersebut. Dengan mengikuti organisasi kita juga dapat menambah relasi pertemanan dan dapat menjadikan kita pribadi yang bertanggung jawab serta dissplin. Tidak hanya itu, dengan mengikuti kegiatan perlombaan juga memberikan kita banyak sekali pengalaman yang nantinya sangat berguna untuk kita entah dalam kehidupan sehari-hari atau bahkam dalam dunia kerja. Untuk itu mengikuti kejuraan seperti ini tentu tidak ada ruginya bagi kita semua. Sangat mengasikan dari pada harus menggunakan waktu luang untuk kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat. Dengan mengikuti perlombaan juga dapat mengubah mindset kita terhadap dunia yang lebih luas, kita bertemu orang baru yang hebat dan dapat menjadi motivasi unuk kita. Ketika kalah kita belajar untuk berjuang lagi lebih keras dan tidak menyerah dengan keadaan. Namun, Ketika menang kita dapat belajar rasa syukur dan ingin selalu belajar lebih baik lagi dan lagi. 

Banyak sekali bukan manfaat yang akan kita dapatkan dengan mengikuti oraganisasi dan perlombaan. Untuk itu tidak perlu ragu lagi untuk mengikutinya. Siapa tau kamu bisa mendapatkan banyak hal di luar apa yang telah disebutkan di atas.


DAFTAR PUSTAKA 

Diambil dari website bola.com atau https://www.bola.com/ragam/read/4555498/pengertian-organisasi-unsur-ciri-bentuk-dan-jenisnya-yang-perlu-diketahui


0 komentar:

Posting Komentar