7.6.22

 “ Essay Prestasi Diri “

Bella Azahar Br Tarigan

NIM : 21310410033

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tugas Essay Matkul Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

Nama saya Bella Azahar Br Tarigan dan akrab dipanggil dengan Bella. Saya lahir pada 11 Mei 2003 di kota Bandung, Jawa Barat. Berasal dari keluarga sederhana yang berharap anak-anaknya bisa sukses meraih pendidikan tinggi. Penulisan esai ini sendiri saya tujukan untuk menceritakan sedikit pengalaman saya dalam melanjutkan pendidikan saya ke jenjang perkuliahan.

Saat ini saya melanjutkan pendidikan saya di jenjang perkuliahan melalui beasiswa KIP kuliah di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, program studi Psikologi. Sebelum mendaftar di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, saya sempat mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri Sumatera Utara, melalui jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN. Tetapi belum rejeki saya untuk masuk di kampus tersebut, hingga akhirnya Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta membuka jalan untuk saya melanjutkan pendidikan saya.

Awalnya, saya sudah merasa sangat kecewa karna tidak diterima di perguruan tinggi Negeri, tetapi Tuhan memberikan bantuan yang sangat berharga bagi saya. Melihat kondisi keuangan keluarga yang menengah kebawah, saya seperti  tidak ada harapan jika harus berkuliah di Perguruan Tinggi Swasta karena mengingat biaya pendidikan yang akan sangat mahal.

Saya mendapat informasi beasiswa ini melalui media sosial. Saat itu saya mendaftarkan diri namun tidak menyangka bahwa saya akan diterima dikampus Proklamasi 45 Yogyakarta melalui Beasiswa KIP kuliah. Beberapa hari setelah saya melakukan pendaftaran online, tidak lama muncul nama-nama penerima beasiswa KIP kuliah yang lolos. Betapa  senangnya hati saya saat melihat nama saya juga ikut tertera dalam pengumuman tersebut.

Dengan mendapat beasiswa ini juga merupakan prestasi dan kebanggan bagi saya. Melihat teman-teman saya yang berkuliah dan harus membayar mahal sementara saya diberikan bantuan beasiswa uang kuliah gratis hingga lulus, ditambah dengan adanya uang saku setiap semester nya. Orang tua saya juga sangat bangga dengan saya mendapat beasiswa ini. Betapa bersyukurnya saya mendapat beasiswa ini dan bisa melanjutkan pendidikan di jenjang perkuliahan tanpa menambah beban orang tua.

Alasan Pemilihan Jurusan

Ada banyak jurusan pendidikan menarik perhatian saya. Namun, hati saya kemudian terpatri pada Jurusan Psikologi di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Sehingga saat kesempatan mendapat Beasiswa KIP kuliah saya terima, maka kesempatan ini kemudian tidak ingin saya sia-siakan.

Alasan saya memilih jurusan psikologi antara lain yaitu : prospek karier yang luas, menjadi jurusan yang menyenangkan bagi saya, mendapatkan pengetahuan yang aplikatif, dapat membantu orang lain, membantu memahami diri sendiri, dan mengejar minat di bidang khusus serta pada jurusan ini, membantu untuk berpikir kritis.

Jangka panjang setelah Lulus kuliah

Sebagai salah satu lulusan sarjana psikologi nanti, saya berkeinginan untuk melanjutkan S2 di perguruan Tinggi Negeri, untuk selanjutnya saya akan menjadi seorang psikolog yang bisa membantu banyak orang juga bisa membantu memahami diri sendiri.

Rencana lain yang saya miliki setelah lulus S1 nanti, yaitu untuk mendaftar sabagai abdi negara yaitu menjadi Polwan. Menjadi polwan merupakan cita-cita saya sedari kecil, namun pada saat test saya tidak lulus di tahap psikotest, Insya Allah dengan adanya ilmu psikologi yang sudah saya miliki nanti bisa menjadi salah satu bekal saya untuk bisa meraih mimpi saya satu persatu.

Berikut sedikit cerita dari diri saya sendiri yang menurut saya adalah salah satu prestasi diri saya yang tidak akan pernah terlupakan dan memberikan banyak pengalaman bagi saya. Dari sini dapat kita ambil hikmah nya bahwa benar “ banyak jalan menuju Roma “intinya tetap berusaha dan berdoa, hingga kesuksesan itu bisa kita raih dan membuat orang tua kita bangga bahkan orang sekitar kita juga bangga dengan kita.

 

Referensi :

https://www.universitas123.com/blog/alasan-memilih-jurusan-psikologi/

https://www.duniadosen.com/contoh-esai-beasiswa-lengkap/


0 komentar:

Posting Komentar