12.6.22

“Cerdas cermat (LOGIKA)” menumbuhkan kerja sama tim dan prestasi

 



Lisa devita saripi/21310410106

Dosen pengampu : Arundati Shinta

T.A Genap 2021/2022

Essay Prestasi

Psikologi Sosial

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Pengalaman yang sangat menarik yang pernah saya alami dalam melakukan interaksi sosial yakni berinterksi secara berkelompok dan melakukan kerja sama tim ini sangat penting dalam sosial masyarakat tidak hanya diterapkan di lingkungan pelajar tapi kerja sama tim bisa di lakukan dimana dan kapanpun. karena kerja sama tim dapat membuat anggota-anggotanya mampu melaksanakan tugas-tugas mereka dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi dengan hasil yang terbaik.


Dikarenakan saat ini kita membahasas mengenai kerja sama tim saya akan memberikan pengalaman saya dalam hal kerja sama tim. Pada tahun 2019 s/d 2020. Dimana lebih tepatnya dilaksanakan pada tanggal 16 desember 2019 s/d 08 februari 2020. Dengan mengikuti lomba kegiatan matematika (LOGIKA) Se-kabupaten Banggai tingkat SMA/MA, yang di selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTIKA Luwuk. Yang mana pada saat itu dari sekolah saya yakni Madrasah Aliya Negri 1 Banggai mengirimkan 2 tim yang masing-masing tim di jumlahin dengan total 3 orang yang di bina oleh guru matematika peminatan kami yakni pak Sofyan,  pada saat itu yang mengikuti tim 1 ada ka abdi, ka lulu, dan dian dan tim 2 ada ka humairah, Davi dan saya lisa. dikarenakan perlombaan ini memiliki beberapa tahap,  yang pertama tim 1 dan 2 dari sekolah kami melawan sekolah dari SMA/MA  tingkat kota dan masuk ke babak selanjutnya dengan melawan SMA/MA se-kabupaten pada saat inilah tim 2 kami jatuh dan tinggal menyisihkan harapan di tim 1 dengan penuh support kami mendukung mereka tapi akhirnya kami gagal untuk melanjutkan sampai ke FINAL. Di balik semua proses itu ada latihan dan kerja sama tim yang di perlukan setiap bertemu kami saling belajar dan mengajar dengan cara ini membawa kami sampai ke tingkat semifinal  walaupun tidak sampai final. 


Jadi dengan prestasi yang saya miliki di atas dapat menjadi perjalanan  hidup bahwa kerja sama tim dan support system di lingkungan itu sangat di butuhkan. dengan kita mengikuti banyak kegiatan serta berprestasi secara konsisten maka ini akan memberikan pengalaman yang sangat penting bagi hidup kita. 



Daftar Pustaka 

Irma Prilisiana Paskahwati dan Gita Widya Lakmini Soerjoatmodjo. (2018). Pentingnya Kerja Sama Tim. Vol. 4. No.17 https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/311-pentingnya-kerja-sama-tim#:~:text=Dapat%20disimpulkan%20bahwa%20kerja%20sama,dengan%20hasil%20yang%20lebih%20baik..

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar