12.6.22

PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DALAM KEGIATAN PESANTREN KILAT


PSIKOLOGI SOSIAL

Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.

Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Nabila Tus Sangadah (21310410038)

Kelas A (Reguler)

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

DALAM KEGIATAN PESANTREN KILAT

Madrasah Baitul Qur’an telah suskes dengan adanya melaksanakan kegiatan pesantren kilat bagi siswa-siswi dan rutin di laksanakan pada setiap bulan Ramadhan. Kegiatan pesantren kilat adalah suatu kegiatan hal positif yang di lakukan untuk membentuk karakter islami pada anak-anak. Kegiatan ini saya lakukan bersama teman-teman di lingkungan rumah saya, dengan melalui kegiatan pesantren kilat ini saya dan teman-teman ingin sekali membina akhlakul karimah pada siswa-siswi serta memberikan Pendidikan Agama Islam mulai sejak dini untuk membentengi akhlak dan moralnya supaya tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.

Ada beberapa tahap yang saya dan teman-teman lakukan di antaranya yaitu:

1.     Kita melakukan survei pada siswa-siswi di madrasah dan lingkungan tersebut. Terkait mengenai situasi dan kondisi faktual siswa-siswi dan masyarakat, serta melihat kondisi minat dan budaya keislaman masyarakat dan siswa-siswi, memperhatikan apa saja yang dapat menghambat dan mendorong masyarakat dan anak-anak untuk menghidupkan nilai-nilai Agama dalam kehidupan sehari-hari. Pada tahap ini juga sekaligus dilakukan proses sosisalisasi kepada masyarakat mengenai kegiatan pengabdian yang akan kami lakukan.

2.     Melakukan penyusunan program kegiatan yang akan dilaksanakan. Dari tahapan-tahapan tersebut, melibatkan peran masyarakat dalam proses komunikasi agar menuju pemahaman yang sama dengan masyarakat. Seperti contohnya mulai dari mulut ke mulut untuk saling memberitahu kepada anak-anak untuk mendukung dan mengikuti kegiatan positif ini. Adapun sasaran program pesantren kilat ini adalah siswa-siswi madrasah Baitul Qur’an.

Pemilik Yayasan Madrasah Baitul Qur’an telah memberikan amanah pada saya dan teman-teman untuk melaksanakan kegiatan pesantren kilat ini, yang mulai sejak awal puasa hingga selesainya bulan Ramadhan. Banyak materi yang telah saya dan teman-teman berikan mulai fikih, akidah akhlak, membaca Iqra, Al-Qur’an, pendalaman tajwidnya, ceramah, hafalan surat-surat pendek, kultum Ramadhan dll. Semua siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir, mereka sangat bersemangat di setiap harinya. Mereka terlihat sangat senang dan bergembira karena di sisi kegiatan tersebut kita selalu mengadakan pembeljaran di selingkan dengan menonton film kartun islami, bermain games, jalan-jalan dan lainnya. Hal itu yang membuat mereka semangat berpuasa sambil belajar bersama kami dan bertemu teman-teman.

Kegiatan ini biasa di lakukan setiap hari pada pukul 15.30 WIB, siswa-siswi berantusias datang dengan tepat waktu karena saat merka datang kita semua langung melaksanakan shalat ashar. Berikutnya mulai materi pukul 16.00-17.30 WIB, selanjutkan kita lakukan sesi games di akhir menjelang akan buka puasa. Setelah buka puasa kita lakukan tadarus dan hafalan surah pendek sampai adzan isya kemudian di lanjutkan shalat teraweh, selesai shalat teraweh kita langsung pulang.

Banyak pengalaman yang saya ambil dalam kegiatan ini, mulai dari bisa memberikan pengetahuan saya kepada anak-anak, bisa mendidik karakter anak-anak, dapan berbicara di depan orang banyak, dan saya masih bisa melakukan hal positif yang bermanfaat untuk orang banyak.

 

DAFTAR PUSTAKA:

Putra, R. A., & Surya, D. (2021). Revitalisasi Nilai-Nilai Islam pada Anak-Anak Jama’ah Mushala di Gampong Jawa, Kota Langsa, Aceh Melalui Kegiatan Pesantren Kilat. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat4(2), 160-169.

https://jambi.kemenag.go.id/news/502272/membentuk-karakter-siswa-melalui-pesantren-kilat-pada-bulan-ramadhan.html 






0 komentar:

Posting Komentar