6.6.22

Berawal dari Konsumen, Berujung jadi Peluang Bisnis

 

Psikologi Industri dan Organisasi

Maliqazuhra Iqbal (21310410003)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Semester Genap T.A 2021/2022



UMKM ada singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah, yaitu suatu kegiatan usaha produktif yang dimiliki oleh masyarakat yang memiliki batasan aset dan keuntungan tertentu menurut UU No. 20 Tahun 2008. UMKM merupakan usaha ekonomi yang dilaksanakan oleh perorangan atau dalam artian bukan bagian dari suatu perusahaan. Menurut saya, usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) adalah suatu kegiatan usaha yang dilaksanakan oleh rakyat lalu hasilnya dimanfaatkan oleh rakyat juga. Pengusaha usaha UMKM biasanya membentuk kegiatan usahanya dengan modal sendiri atau kelompok kemudian mendapatkan keuntungan dari kegiatan usaha yang dijalankannya. Akan tetapi, meskipun bukan bagian dari sebuah perusahaan UMKM tetaplah harus memperhatikan pencapaian pencapaian layaknya pada perusahaan atau bidang usaha makro.

Adapun Ciri-Ciri UMKM:

a.       Jenis komoditi/ barang yang ada pada usahanya tidak tetap, atau bisa berganti sewaktu-waktu

b.      Tempat menjalankan usahanya bisa berpindah sewaktu-waktu

c.       Usahanya belum menerapkan administrasi, bahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha masih disatukan

d.      Biasanya pelaku UMKM belum memiliki akses perbankan, namun sebagian telah memiliki akses ke lembaga keuangan non bank

e.       Pada umumnya belum punya surat ijin usaha atau legalitas, termasuk NPWP

Prinsip sikap mental dan mindset pengusaha UMKM biasanya mengacu pada besarnya keuntungan dan mengembangkan usahanya, maka dari itu yang harus di perhatikan tentang inovasi, efisiensi dan efektifitas produksi untuk mengelola bisnis. Harus memiliki sikap serta mental yang positif  apabila mendapatkan kendala dai internal maupun ekternal. Sertta sikap optimis yang kuat dan keyakinan serta ketekunan berusaha akan menjadikan individu untuk selalu kreatif dan inovatif dalam mengatasi tantangan yang ada. Produktivitas kerja sebagai bentuk attitude of mind bukan semata-mata hanya mencapai hasil kerja sebanyak mungkin, akan tetapi tentang kualitas seseorang dalam melaksanakan pekerjaan.

Foto saat wawancara (via sosmed)

            Sekarang banyak mahasiswa/i  yang sudah terjun langsung untuk membuka usaha UMKM dari berbagai macam banyak jenis UMKM yang bias dilakukan, contohnya : UMKM bidang kuliner, kecantikan, kesehatan, otomotif dll. Disini saya berkesempatan bertanya-tanya dengan salah satu mahasiswi semester 8 di salah satu kampus di Sumatera Utara yang bernama kak Rafiqa Haq.

Adapun kesimpulan dari sharing tentang UMKM yang beliau tekuni sekarang, “ beliau memilih usaha yang berhubungan dengan kesehatan selain beawal dari konsumsi dan mendapatkan manfaat serta menurut beliau kesehatan itu penting, kesehatan juga bukan hanya bertuju kepada orang yang sakit, karena menurut beliau mencegah lebih baik dari pada mengobati, jadi banyak juga masyarakat yang menggunakan obat herbal untuk meningkatkan imun tubuh apalagi saat masa pandemi , oleh karena itu untuk target pasar dari usaha yang beliau jalankan mencakup seluruh kalangan masyarakat dari tua maupun muda. Menurut beliau usaha yang beliau jalankan sangat fleksibel karena untuk bisnis yang beliau lakukan bisa dijalankan dimanapun dan kapanpun karena tidak ada ikatan oleh jam kerja dan bisa dilakukan dengan memanfaatkan  media social dan market place yang ada , oleh karena itu tidak akan terbentur dengan kuliah (kesimpulan hasil sharing dengan kak Fika).”

Beberapa foto dari produk yang dijual

 Referensi:

https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/627/400 (diakses tanggal 2 Juni 2022)

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/38495/33911 (diakses tanggal 2 Juni 2022)

https://money.kompas.com/read/2022/01/19/051518426/pengertian-umkm-kriteria-ciri-dan-contohnya?page=all (diakses tanggal 4 Juni 2022)

 

0 komentar:

Posting Komentar