6.6.22

Alasan Produk Asing Lebih Diminati Dibandingkan Produk Lokal

Alasan Produk Asing Lebih Diminati Dibandingkan Produk Lokal

Oleh: Humairah Natsir
Program Studi Psikologi Umum
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
2022

Essai ini dibuat dalam rangka persyaratan mengikuti UAS mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi
Dosen Pengampu Ibu Dr. Arundati Shinta, M.A.



  Bisnis lokal merupakan bisnis yang menawarkan produk atau jasa kepada masyarakat sekitar.Bisnis ini juga mendukung perusahaan multinasional, selama bisnis dibutuhkan lebih banyak untuk lingkungan sekitar maka bisnis tersebut disebut bisnis lokal.
     Cintai produk Indonesia adalah kalimat yang selalu dikumandangkan para pemimpin Indonesia. Bapak Presiden Jokowi pun turut mengajak masyarakat luas untuk mencintai produk dalam negeri sendiri.
    "Produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri, bukan hanya cinta tapi benci," ujarnya, dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/3/2021).
    Lantas mengapa masyarakat lebih memilih produk luar negeri dibanding produk lokal? Ada beberapa alasan untuk ini seperti produk masih dengan kualitas rendah dengan harga yang tinggi, dibandingkan dengan produk asing yang lebih berkualitas dengan harga yang sebanding. Kedua, Kemasan yang kurang menarik. Ketiga, kurangnya inovasi produk. Keempat, lokasi yang kurang memadai, produk lokal akan sulit ditemukan ini saja karena kurangnya peminat atau pendistribusian yang masih rendah. 


     Salah satu cara memperkenalkan produk lokal pada masyarakat luas yaitu dengan manjalankan usaha atau bisnis. Salah satu Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang berhasil terwujud adalah UMKM Shopee Makassar.Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) meresmikan Kampus UMKM Shopee Makassar pada Rabu (18/5/2022). Kampus ini merupakan kampus UMKM Shopee pertama di Sulawesi sekaligus yang ke-9 di Indonesia.
 Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi inisiatif Gubernur Shopee dalam menjangkau UMKM di wilayahnya.
    “Saya senang bahwa inisiatif dari salah satu platform e-commerce terbaik di Tanah Air hadir di Sulsel. Upaya ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pendukung Shopee untuk membina pelaku UMKM, menumbuhkan, membangkitkan produk-produk lokal, serta standarisasi UMKM,” ujar Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.
      Andi menambahkan, saat ini terdapat 1,5 juta UMKM yang terdaftar di Sulsel.Agar bisa bersaing dengan produk industri besar, UMKM harus memiliki nilai tambah, nilai kesehatan, dan sertifikasi sistem. Dan menilai, kehadiran Kampus UMKM Shopee Makassar juga membantu Pemprov Sulsel dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan memberikan inspirasi bagi para UMKM.
     “Kami berharap, Kampus UMKM Shopee Makassar dapat mendorong peningkatan standar para pelaku UMKM, baik dari sisi pengemasan, kualitas, maupun sistem pemasaran, sehingga mereka bisa naik kelas,” tutur Andi.
   Pada kesempatan yang sama, Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya mengatakan bahwa Kampus UMKM Shopee Makassar merupakan wujud komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM bagi pegiat UMKM di Sulsel.
     “Puluhan ribu UMKM di berbagai daerah telah berhasil naik kelas bersama Kampus UMKM Shopee. Oleh karena itu, kami memperluas program ini untuk menjangkau lebih banyak UMKM lokal melalui Kampus UMKM Shopee Makassar,” kata Ade.
  “Kami terima kasih atas kepercayaan Pemprov Sulsel sehingga Shopee dapat berkontribusi bagi perkembangan perekonomian lokal,” tambahnya.
    Bisnis lokal sangat diminati masyarakat luas namun UMKM dapat memperluas minat masyarakat agar tertarik pada produk lokal. Dengan adanya UMKM juga dapat menjangkau masyarakat luas dalam penyebaran produk lokal agar mudah ditemukan. 

Referensi:
    Kristolmujono, R. 2014. Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Lokal?. Diakses https://toffeedev.com/blog/apa-itu-local-business/ pada 6 Juni 2022.
          Ramli, M. 2022. Mengapa Masyarakat Lebih Memilih Produk Luar Negeri Dibanding Produk Lokal. Diakses dari https://www.timesindonesia.co.id/read/news/331799/mengapa-masyarakat-lebih-memilih-produk-luar-negeri-dibanding-produk-lokal pada 6 Juni 2022.
      Arifin, Y. 2022. Hadir di Makassar, Kampus UMKM Shopee ke-9 Siap Bantu Pelaku UMKM Sulsel Naik Kelas. Diakses dari https://money.kompas.com/read/2022/05/18/160300926/hadir-di-makassar-kampus-umkm-shopee-ke-9-siap-bantu-pelaku-umkm-sulsel-naik? page=all&jxconn=1*1lrpfvk*other_jxampid*SHg4N0U4dUN6cXU1YWlYVmlJZEhmQ2VDYnM1UFZDODdtSjBwYWlfbUtlZFV4aExNbGxOMklaaVlnVm1yTVlsVg.

0 komentar:

Posting Komentar