18.5.22

UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR ABRAHAM MASLOW MELALUI KEGIATAN MAKAN BERSAMA

 

                           


Ujian Tengah Semester


Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.


Disusun Oleh :

Tiyas Wulandari (21310410108)

Kelas Reguler

Semester Genap T.A. 2021/2022


FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

 

              Kebutuhan muncul sebagai  upaya  manusia dalam mempertahankan hidupnya. Kebutuhan manusia memang bermacam-macam mulai dari kebutuhan dasar sampai dengan kebutuhan tertinggi. Salah satu teori mengenai kebutuhann manusia ditemukan oleh Abraham Maslow tokoh psikologi asal Amerika Serikat. Menurut maslow, kebutuhan menusia tersusun hierarki karena kebutuhannya berlangsung secara berjenjang. Manusia cenderung memenuhi  kebutuhan dasar terlebih dahulu kemudian dilanjut dengan pemenuhan kebutuhan lainnya.

              Kebutuhan yang paling mendasar pada manusia menurut Maslow adalah Fisiologis (physiological needs). Kebutuhan ini juga disebut sebagai kebutuhan primer karena didalamnya mencakup kebutuhan makan, minum, pakaian, dan juga tempat tinggal. Kemudian dilanjutkan dengan kebutuhan akan rasa aman (safety needs), kebutuhan ini meliputi keamanan dan perlindungan dari bahaya fisik maupun emosi. Ketiga kebutuhan sosial (social needs), yang meliputi kebutuhan bersosialisasi, kasih sayang, peneriman, dan persahabatan. Keepet kebutuhan penghargaan (esteem needs), disebut juga sebagai kebutuhhan harga diri merupakan hak untuk memperoleh dan kewajiban untuk meraih pengakun dari orang lain. Dan kebutuhan terakhir adalah kebutuhan aktualisasi diri (self-actualization needs), yang menduduki kebutuhan tertinggi dalam kehidupan manusia. Aktualisasi diri mencakup kebutuhan untuk mengembangkaan potensi yang terdapat pada diri seseorang, serta untuk menjadi menusia yang lebih baik.

              Kebutuhaan manusia tidak mungkin bisa dicapai tanpa upaya untuk memenuhinya. Baik itu dilakukan sendiri ataupun perlunya peran orang lain di dalamnya. Untuk memenuhi kebutuhan yang semain luas juga memerlukan kerja sama, sehingga timbullah suatu kelompok dalam masyarakat. Mulai dari kelompok sederhana sampai dengan kelompok kompleks, hal tersebut tentunya disesuaikan dengan tingkat kebutuhan manusia dalam kelompok. Dalam pemenuhan kebutuhan manusia pola kehidupannya banyak dipengaruhi oleh keadaan lingkungann sekitar mereka hidup. Kehidupan bermasyarakat juga sangat penting menjalin interkaisi sosial menjadi lebih baik.

              Bentuk dari upaya pemebuhan kebutuhan melalui interaksi menyenangkan dalam masyarakat adalah makan bersama. Menurut saya kegiatan ini sangat memberikan dampak yang positif. Karena selain kebutuhan dasar kita terpenuhi, kita juga mendapat banyak manfaat seperti menjalin komunikasi baik antar individu dalam suatu kelomok, meningkatkaan ketermapilan social dalam diri, serta memberikan rasa senang yang berdampak pada kesehatan. Upaya pemenuhan kebutuhan dasar ini juga akan memingkatkan kesejahteraaan.

              Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kehutuhan dasar manusia akan semakin berkembang seiring berjalannya kehidupan. Dari berbagai macam kebutuhan, manusia harus memiliki upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Karena tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia akan menimbulkan keterbelakangan.

 

Referensi :

Asaf, A.S. (2019). Upaya Pemebuhan Kebutuhan Dasar Manusia. Jurnal Ilmiyah Cakrawarti, 2 (2), 26-31, 2019

0 komentar:

Posting Komentar