4.5.22

Tips Mahasiswa Menghadapi Tantangan Keren di Kalangan Kaum Milenial

Tips Untuk Mahasiswa Menghadapi Tantangan Keren di Kalangan Kaum Milenial 

 Essay II Persyaratan Ujian Tengah Semester 

Psikologi Industri dan Organisasi

(Semester 2 Genap 2022/2023)

Nurul Mawaddah (21310410028)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A


Berdasarkan data dari International Coffe Organization (ICO), di Indonesia jumlah konsumsi kopi meningkat, khususnya dikalangan remaja. Banyak remaja, khususnya di Lampung hampir setiap hari melakukan kegiatan ngopi dicoffeshop favorit mereka. Dan tidak hanya sekedar untuk menjadi seorang konsumen namun banyak juga kalangan milenial yang mulai membangun bisnis kopi. Lampung juga dikenal sebagai penghasil kopi terbesar di Indonesia yang memiliki jenis kopi robusta. Produksi kopi yang tinggi tersebut menjadi sebuah peluang bagi pelaku usaha untuk mengolahnya menjadi sebuah minuman olahan berbahan dasar kopi karena minuman kopi sudah menjadi sebuah kebiasaan atau gaya hidup bagi beberapa kalangan. Meningkatnya tingkat konsumsi kopi juga tidak terlepas dari gaya masyarakat yang gemar berkumpul. Dengan konsumsi kopi yang besar tersebut mengakibatkan maraknya coffeshop.

Coffeshop tak hanya menawarkan kopi yang khas dan nikmat, tetapi juga menawarkan desain interior yang cantik. Banyak pengunjung menggunakan coffeshop sebagai tempat untuk mengerjakan tugas kuliah, rapat atau berdiskusi karena dengan menikmati kopi dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus seseorang. Selain itu aroma khas dari kopi akan membuat orang tenang sehingga banyak pengunjung yang berlama-lama di coffeshop untuk sekedar mengobrol santai.

Lalu apa yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menyiapkan tantangan keren ini? Membangun bisnis kopi bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu jalani untuk menghadapi tantangan keren ini, karena bisnis ini termasuk bisnis yang memiliki banyak peminat. Nah, ini ada beberapa tips bisnis dan usaha kopi kekinian terbaik untuk pemula :

1.      Menentukan jenis usaha kedai kopi

Ada beberapa jenis usaha kedai kopi. Pertama, kedai kopi estetik biasanya menawarkan desain interior yang instagramable sehingga banyak disukai kalangan milenial. Kedua, specialty coffe biasanya menyediakan berbagai biji kopi dengan beragam teknik penyeduhan yang lengkap sehingga cocok bagi para coffe enthusiast. Ketiga, coffe to go yang hanya melayani pick up order.

2.      Menentukan target pasar

Menentukan target pasar akan berpengaruh terhadap konsep kedai kopi dan strategi pemasaran yang harus disiapkan.

3.      Memilih supplier kopi yang terbaik

Carilah supplier kopi secara online maupun offline, kemudian bandingkan dan sesuaikan dengan kriteria yang sudah ditentukan.

4.      Pilih lokasi yang strategis

Pilihlah lokasi yang berada dipusat keramaian dan memiliki lahan yang luas sehingga menarik banyak orang yang dating untuk nongkrong dan terlihat nyaman.

5.      Promosi menggunakan media social

Gunakan media social untuk melakukan branding terhadap bisnis kopimu. Kamu bisa juga menjalin kerjasama dengan para influencer untuk membantu meningkatkan awareness maupun penjualan.

 

 

Daftar Pustaka

https://media.neliti.com/media/publications/149486-ID-potensi-pengembangan-teknologi-proses-pr.pdf

https://floresku.com/read/data-statisik-international-coffee-organization-ico-ungkap-indonesia-masuk-empat-besar-pengeskpor-kopi-dunia

https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2019/12/ingin-memulai-bisnis-kopi-ini-langkah-awal-yang-perlu-anda-persiapkan


0 komentar:

Posting Komentar