4.5.22

Pentingnya Mengajarkan IT Kepada Orang Tua

Pentingnya Mengajarkan IT Kepada Orang Tua  Pada Era Digital 4.0

Essay I Persyaratan Ujian Tengah Semester 

Psikologi Industri dan Organisasi

(Semester 2 Genap 2022/2023)

Nurul Mawaddah (21310410028)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A




Di zaman yang sudah serba canggih ini penting sekali untuk mempelajari teknologi informasi karena mayoritas pekerjaan dilakukan melalui dunia maya. Tidak hanya untuk kalangan muda namun juga kalangan orang tua yang masih bekerja sangat harus bisa memahami bagaimana cara menggunakan teknologi informasi yang semakin canggih. Mungkin memang akan terasa sulit untuk para orang tua untuk mulai belajar dan memahami teknologi informasi ini karena dari awal mereka bekerja masih menggunakan cara manual tanpa bantuan teknologi informasi. Bahkan meskipun orang tua hanya sekedar ibu rumah tangga sekarang tetap harus bisa menggunakan teknologi informasi agar dapat membantu membimbing anak-anak nya yang belajar daring dari rumah. Sehingga banyak sekali orang tua yang selalu bertanya pada anaknya bagaimana cara menggunakan teknologi informasi tersebut.

Sebagai anak yang tumbuh dan berkembang pada era digital ini sebisa mungkin kita harus mengajarkan orang tua bagaimana caranya menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempermudah orang tua dalam pekerjaannya saat ini. Mulai dari hal yang mendasar seperti bagaimana cara menggunakan handphone IOS/android, Laptop, Ms. Office, mengirimkan e-mail, mengakses google, dsb. Mengajak orang tua untuk mengikuti seminar atau pelatihan mengenai teknologi informasi dan komunikasi.

Tak jarang, tingkah gaptek (gagap teknologi) orang tua menjadi lelucon tersendiri yang hanya dipahami generasi milenial. Jangan emosi ketika harus menjelaskan kepada orang tua tentang berbagai perangkat yang ada diinternet karena kunci utama dalam menjelaskan teknologi informasi dan komunikasi pada orang tua adalah sabar.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengajarkan orang tua untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi :

1. Jelaskan dengan sabar dan tenang

    Sebagian dari kita sering tidak sabar ketika menjelaskan cara mengakses suatu aplikasi atau internet kepada orang tua karena mereka sulit untuk memahami dan mengingatnya. Ketenangan dan kesabaran adalah kuncinya.

2.     2. Gunakan Bahasa yang mudah dipahami

    Gunakan Bahasa sehari-hari yang digunakan orang tua sudah cukup membuat mereka paham. Tidak perlu menjelaskan menggunakan istilah-istilah teknologi yang membuat mereka bingung.

3.     3.  Jawablah setiap pertanyaan mereka

    Jangan pernah bosan menjawab pertanyaan dari mereka meski terkadang apa yang mereka tanyakan sudah dijelaskan sebelumnya.

4.      4. Tunjukkan aplikasi yang penting dan mudah digunakan

    Diantara banyaknya aplikasi yang ada cukup tunjukan aplikasi yang penting untuk kehidupan sehari-hari, mulai dari whatsapp untuk terhubung dengan kerabat ataupun rekan kerjanya, youtube untuk melihat video-video yang disukai, dll.

5.      5. Beritahu pentingnya keamanan

    Perlu diingat dan diperhatikan untuk memberitahu pentingnya menjaga keamanan dan data. Ajarkan mereka membuat kata sandi yang sederhana namun mudah untuk diingat dan tidak mudah ditebak orang lain.

Sebagai generasi muda yang baik dan untuk menjadi anak yang berbakti kepada orang tua bisa jelaskan teknologi kepada orang tua yang gaptek dengan komunikasi yang baik seperti langkah diatas.

 

 

Daftar Pustaka :

https://www.idntimes.com/life/family/fida-nabila-noor-hasanah/mengajarkan-teknologi-orangtua-c1c2/5 


0 komentar:

Posting Komentar