23.5.22

SARJANA PSIKOLOGI DI DUNIA INDUSTRI

 

SARJANA PSIKOLOGI DI DUNIA INDUSTRI

Essay Ujian Tengah Semester 

Psikologi Industri dan Organisasi

Oleh : 

Rahayu Nur Kholifah (21310410079)

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Apakah sarjana psikologi bisa berkarir di divisi program pembuatan logo?

Sebelum menjawab pada pertanyaan tersebut, mari kita mengenal terlebih dahulu seperti apa divisi yang dimaksud. Program pembuatan logo kerap dikenal sebagai editor atau penyunting.

Editor atau penyunting adalah orang, atau program, yang melakukan penyuntingan (pengeditan), perubahan pada suatu naskah, berita, audio, gambar, video, film baik di media cetak, media elektronik, maupun di media baru. Pekerjaan sebagai editor ini banyak kita temui di Indonesia, mereka berada diberbagai tempat seperti Koran, majalah, media social, penerbitan buku dan juga ada di sebuah agensi.

Adapun tugas seorang editor pada sebuah dunia desain grafis yaitu mencari, memperbaiki, dan menerbitkan tulisan atau gambar. 

Untuk menjadi seorang editor juga ada beberapa syarat yang harus memadai yaitu

·         Bisa menulis

·         Suka membaca

·         Bersahabat dengan kamus

·         Teliti dan sabar

·         Menguasai bidang tertentu

·         Bisa menggunakan beberapa media teknologi/aplikasi editing

Sebagai seorang sarjana psikologi tidak menutup kemungkinan untuk bisa terjun pada dunia edit mengedit bahkan pada sebuah dunia desain grafis sekalipun, yang terpenting kita memiliki kemauan dan kemampuan juga syarat yang harus dikuasai. Tetapi jika untuk menjadi seorang program pembuatan logo yang besar mungkin diperlukan orang-orang yang sesuai pada bidang nya yang lebih mahir dan bisa menguasai bidang tersebut.

Mengapa seorang sarjana psikologi juga dapat terjun ke dunia desain grafis? Karena sekarang ini menjadi seorang desain grafis tidak terlalu sulit. Banyak sekolah-sekolah yang menyediakan pendidikan desain grafis atau tempat-tempat kursus khusus desain grafis dll. Meskipun tidak terlalu sulit tetap ada syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Sarjana psikologi juga dapat terjun kedunia csr ( Corporate Social Responbility ) karena csr sendiri berhubungan dengan suatu perusahaan dimana sarjana psikologi juga bisa berkontribusi dan terjun didunia itu. Seperti seorang sarjana psikologi yang bergelut dibidang psikologi industry dan organisasi.

CSR adalah singkatan dari Corporate Social Responsibility yang berarti aktivitas bisnis di mana perusahaan bertanggung jawab secara sosial kepada pemangku kepentingan dan masyarakat sebagai bentuk perhatian dalam meningkatkan kesejahteraan serta berdampak positif bagi lingkungan.

Artinya tidak menutup kemungkinan jika seorang sarjana psikologi dapat terjun kedalam dunia edit mengedit,  csr dan lainnya, karena dari csr pun merupakan bentuk perhatian dan kepedulian untuk menciptakan kesejahteraan yang berdampak positif bagi lingkungan sehingga untuk seorang sarjana psikologi terutama dalam bidang psikologi industry dan organisasi sangat bisa.




Referensi : 

Ketut Dewa, Kiswara, Endang. (2011). Pengaruh Corporate Social Responbility Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal.uii.ac.id

Fitriana AD. (2008). Implementasi Corporate Social Responbility Dalam Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan Sekitar. joernal.com

Yuliastanti Ana. (2008). Bekerja Sebagai Desainer Grafis. Erlangga Group

 



0 komentar:

Posting Komentar