23.5.22

DIVISI MEDIA DAN KREATIF, SARJANA PSIKOLOGI BERKARIR PADA DIVISI TERSEBUT

 UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Oleh:

Arya Apolonio (21310410109)

Kelas (Reguler)

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.


FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA




DIVISI MEDIA DAN KREATIF, SARJANA PSIKOLOGI BERKARIR PADA DIVISI TERSEBUT?


Dalam sebuah perusahaan tentunya memiliki struktur organisasi. Struktur organisasi adalah sebuah hierarki (jenjang atau garis yang bertingkat) berisi komponen-komponen pendiri dan penyusun perusahaan yang menggambarkan adanya pembagian kerja, dan bagaimana aktivitas dalam perusahaan yang berbeda mampu dikoordinasikan. Bagi sebuah perusahaan, struktur organisasi merupakan salah satu fungsi dasar bagi sebuah manajemen untuk mencapai target, strategi, dan sasaran yang ditetapkan oleh sebuah perusahaan. 

Dalam sebuah perusahaan terdapat sebuah divisi yang biasanya memberikan ide-ide terbaru terkait dalam bidang periklanan, perdigitalan atau marketing, tim kreatif bertanggung jawab untuk menghasilkan ide-ide yang menarik perhatian yang bisa memikat konsumen atau target audiens. Anggota tim bekerjasama untuk mengembangkan konsep kampanye yang dirancang agar berbeda dari yang lain. Sama hal nya seperti yang di lakukan oleh divisi media dan kreatif pada PT. Petro Kimia Gersik pada pekan lalu, dimana perusahaan yang bergerak dalam bidang pupuk tersebut membuat sebuah perlombaan membuat logo yang bertujuan untuk memberikan Beasiswa Petrokimia Gersik (BESTRO) bagi mahasiswa kurang mampu yang membutuhkan. Dengan diadakan nya lomba tersebut perusahaan juga akan mendapatkan hasil berupa sebuah logo terbaik yang kemudian akan di gunakan sebagai logo yang akan selalu di pakai dalam setiap kegiatan terkait beasiswa yang akan di berikan oleh perusahaan tersebut.

Lalu kemudian apakah ada kecocokan terhadap karir seorang sarjana Psikologi dengan divisi media dan kreatif tersebut?. Jawabannya adalah cocok, karena dalam bidang tersebut seorang sarjana psikologi tentu dapat bekerja dan memberikan sebuah ide yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan yang di butuhkan perusahaan. Seorang sarjana psikologi tentu memahami dengan baik terkait SDM jadi dengan memahami hal tersebut tentu mampu membuat mereka memahami isu-isi terbaru dalam masyarakat yang kemudian akan di implementasikan pada sebuah karya yang bertujuan untuk mempromosikan perusahaan tersebut. Di samping itu tentu dalam bekerja di bidang divisi media dan kreatif juga perlu bekerja sama dengan rekan- rekan kerja atau kelompok tersebut, karena setiap orang memiliki peranan terbaik yang di miliki masing-masing anggota. Hal penting lainnya juga berkaitan dengan seorang yang ahli dalam menggunakan perangkat komputer dengan baik atau lulusan sekolah yang tepat dalam bidang tersebut agar hasil dari ide-ide yang ada mampu dijadikan karya yang menarik dan memiliki sebuah nilai. Di samping itu seorang sarjana psikologi juga tentunya akan banyak dibutuhkan dalam setiap bidang pekerjaan, karena pada dasarnya selama ada manusia yang hidup di bumi maka ilmu psikologi akan tetap di butuhkan.


Daftar pustaka:

1. Sumber foto; di unduh senin, 23 mei 2022: https://images.app.goo.gl/6ygJhGn9ry2kmrRD6

2. Di unduh senin, 23 mei 2022: https://smartpresence.id/blog/hr/jenis-bentuk-struktur-organisasi-pada-perusahaan


0 komentar:

Posting Komentar