23.5.22

Apakah Sarjana Psikologi Dapat Berkarir di PT. Petrokimia Gresik?

 Essay ini dibuat untuk memenuhi ujian tengah semester Psikologi Industri dan Organisasi dengan dosen pengampu Dr. Arundati Shinta,M.A.

Disusun oleh : Diah Novita Sari (21310410111)

Membicarakan tentang PT. Petrokimia Gresik, sebelumnya saya akan memperkenalkan dahulu apasih PT. Petrokimia Gresik?, Petrokimia Gresik merupakan perusahaan yang memiliki wawasan lingkungan dan menempati areal lebihdari 450 ha di Kabupaten Gresik. PT. Petrokimia Gresik merupakan produsen pupuk terlengkap di Indonesia yang memproduksi berbagai macam pupuk dan bahan kimia untuk agroindustri seperti urea, ZA, SP-36, Phonska, Petroganik, Phonska Oca dan lain sebagainya. Petrokimia ini dibangun untuk mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional dan sudah menjadi perusahan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibawah PT. Pupuk Indonesia Holding Company yang memasuki usia 47 tahun di bulan Juli 2019 berdiri pada 10 Juli 1972. Direktur utamanya adalah Bapak Dwi Satriyo Annugroho. 

Total produksi saat ini mencapai 8,9 juta ton/tahun, yang terdiri dari produk pupuk sebesar 5juta ton/tahun dan produk non pupuk sebanyak 3,9 ton/tahun. Jumlah karyawan PT. Petrokimia Gresik sebanyak 2.004 orang per 30 April 2022.

Apasih visi, misi dari Petrokimia Gresik?, Petrokimia Gresik memiliki visi “Menjadi produsen pupuk dan produk kimia lainnya yang berdaya saing tinggi dan produknya paling diminati konsumen”. Misinya adalah 1. Mendukung penyediaan pupuk nasional untuk tercapainya program swasembada pangan, 2. Meningkatkan hasil usaha untuk menunjang kelancaran kegiatan operasional dan pengembangan usaha Perusahaan, 3. Mengembangkan potensi usaha untuk mendukung industri kimia nasional dan berperan aktif dalam community development. 

Lalu apakah Sarjana Psikologi dapat berkarir dalam PT. Petrokimia Gresik?, PT. Petrokimia Gresik membuka kesempatan kerja kepada Sarjana (S1) dengan latar pendidikan Teknik Industri, Teknik Mesin, Agribisnis, Agronomi, Teknik Benih dan Ilmu Tanah. Petrokimia Gresik juga membuka kesempatan kerja kepada lulusan SMA (IPA)/SMK KIMIA INDUSTRI dengan akreditasi A. Jadi apakah Sarjana Psikologi dapat berkarir dalam Petrokimia ini? Mungkin saja bisa untuk lulusan Psikologi Industri dan Organisasi namun dalam bidang pengelolaan sumber daya manusia (SDM), sebagai posisi HRD, organization developmen analyst, karena lulusan Psikologi Industri dan Organisasi sangat berpengaruh untuk suatu perusahaan dan bidang itu. 


Referensi:

https://petrokimia-gresik.com/ (diakses pada tanggal 23 Mei 2022)

https://jatim.idntimes.com/business/economy/fitria-madia/fakta-fakta-pt-petrokimia-gresik-bumn-pupuk-berusia-47-tahun (diakses pada tanggal 23 Mei 2022)

https://petrokimia-gresik.com/page/sejarah-perusahaan#:~:text=PT%20Petrokimia%20Gresik%20merupakan%20pabrik,pada%20tanggal%208%20Desember%201964 (diakses pada tanggal 23 Mei 2022)

https://petrokimia-gresik.com/news/rekrutmen-karyawan-baru-pt-petrokimia-gresik (diakses pada tanggal 23 Mei 2022)

https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5955557/prospek-kerja-jurusan-psikologi-lulusan-s1-bisa-langsung-kerja (diakses pada tanggal 23 Mei 2022)

0 komentar:

Posting Komentar