23.5.22

Apakah mungkin seorang sarjana psikologi berkarir di bidang industri?

 



Lisa Devita Saripi/ 21310410106

Psikologi Industri dan Organisasi

Ujian Tengah Semester 

Dosen Pengampu : Arundati Shinta

T. A 2021/2022 Genap

PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Pengetahuan mengenai sarjana psikologi hanya berfokus pada membantu orang seperti seorang psikologi klinis atau menjadi guru BK sangat sering kita dapati di khalayak ramai persepsi seperti itu sering kita dapati.  apalagi ketika seorang sarjana psikologi bertemu dengan orang lain sering di pertanyakan mengenai “ apakah kamu bisa membaca pikiran saya ? “. Perlu diketahui bahwa cabang ilmu psikologi tidak hanya berfokus pada bidang klinis akan tetapi ilmu psikologi bisa mencakup di bidang pendidikan, kriminatologi ataupun industri dan organisai. Saat ini kita membahas psikologi industri dan organisasi yang mana ilmu ini membahas psikologi dalam lingkup organisasi atau aturan kerja. Banyak pengertian psikologi industri dan organisasi menurut para ahli salah satu di antaranya ada Blum dan Naylor, yang menyebutkan bahwa psikologi industri dan organisasi sebagai aplikasi dari fakta dan prinsip psikologi pada masalah dan konteks bisnis dan industri.


Di dalam psikologi industri dan organisai terdapat beberapa teori yang digunakan dalam organisasi dan industri di antaraanya ada teori klasik, teori neoklasik, dan teori modern. Adapun spesialisasi psikologi industri dan organisasi di antaranya ada psikologi personalia yang membantu dalam pengelolaan tenaga kerja, psikologi konsumen yang mempelajari dinamika konsumen seperti menarik perhatian konsumen, perilaku organisasi membahas tingkah laku manusia didalam organisasi baik sebagai individu ataupun anggota kelompok, kesehatan dan keselamatn kerja untuk meningkatkan performa kerja, analisis jabatan mempelajari susunan deskripsi jabatan, ergonomi interaksi antara mesin dan manusia, dan psikologi sumber daya manusia . Ada beberapa manfaat psikologi industri dan organisasi antara lain :

1.   Membantu organisasi dan perusahaan dlaam mencapai tujuan

2.  Menjembatani kebutuhan individu dan kebutuhan organisasi

3.  Meningkatkan kemampuan individu dalam setting kerja sehingga bukan saja meningkatkan kompetensi individu tapi juga mengembangkan perusahaan

4. Menjamin kesejahteraan tenaga kerja  dengan memperhatikan kepuasan kerja


Ada salah satu contoh bukti kalau seorang psikolog mampu untuk berkarir di bidang industri seperti halnya saya  mengikuti lomba cipta logo Bestro yang di selenggarakan oleh PT. Petro Kimia Gresik. Dengan ikut serta dalam membuat logo ini kita dapat belajar bahwa kita mampu untuk membantu industri untuk menarik perhatian konsumen dengan mempelajari dibidang apapun itu seperti desain.

gambar 2. cipta logo

Jadi dengan begitu kita sebagai seorang sarjana psikologi mampu untuk berkarir di bidang apapun seperti industri ataupun lainnya karena sarja psikologi masih mempelajari ilmu sosial dan tidak hanya berfokus ke kesehatan ataupun klinis.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Barki UMA (2021). Pengertian Psikologi Industri & Organisasi (PIO) Serta Perkembangan dan Spesialisasinya. https://barki.uma.ac.id/2021/12/06/pengertian-psikologi-industri-organisasi-pio-serta-perkembangan-dan-spesialisasinya/

sumber gambari 1 : http://shaniasabila.blogspot.com/2019/03/mengenal-psikologi-industri-dan.html. 


 

 

0 komentar:

Posting Komentar