23.5.22

PERAN PSIKOLOGI DALAM DUNIA INSDUSTRI

 



 UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLI INDUSTRI DAN ORGANISASI 2022

Oleh;

Alita Dwi Nur’Aini (21310410080)

Kelas regular

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 Dosen pengampu ;

                                                  Dr. Arundati Shinta, M.A.    

Adapun yang dimaksud dengan psikologi industri adalah sebuah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari tentang sikap, perilaku, kejiwaan, mental seseorang selama berada di tempat kerjanya. Adapun cabang psikologi ini adalah sebuah ilmu yang lebih berfokus kepada pengambilan keputusan yang ada dalam sebuah kelompok,                                                                          

Dalam dunia industri setiap orang yang berperan di dalamnya dituntut untuk mampu berkerja dengan efektif. Industri dikatakan berhasil jika dapat bersaing dengan pesaingnya. Oleh karena itu sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu aset yang harus dikelola dengan baik. Hal ini berkaitan dengan bagaimana mem- peroleh sumber daya manusia (SDM) yang memiliki integritas tinggi terhadap perusahaan atau industri. Tujuan dari rekrutmen adalah mendapatkan SDM (calon karyawan) yang memungkinkan pihak manajemen untuk memilih atau menyeleksi calon sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Dalam proses ini sangat erat kaitannya dengan peran psikolog, dimana hasil evaluasi akan sangat menentukan perilaku, karakter, bahkan kepribadian seseorang sebelum diterima menjadi karyawan, karena hal ini berkaitan secara langsung terhadap produktivitas kerja ke depannya. Psikolog dalam industri berperan sebagai mediator dalam proses produktivitas kerja, pemeliharaan karyawan dan penanganan permasalahan dalam lingkup industri. Disamping itu penting dalam meningkatkan produktivitas kerja yang berkaitan dengan penerimaan karyawan. Dalam lingkup industri proses perencanaan, dan pengorganisasian serta pengarahan SDM menjadi hal yang sangat komplek.

berikut ini adalah peranan psikologi dalam dunia industry ;

1. Untuk Recruitmen Dan Seleksi untuk mencari calon karyawan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan

2. Untuk Mengevaluasi Karyawan  Evaluasi dalam hal ini adalah meliputi wawancara, psikotest dan berbagai tes lainnya sebelum seseorag diputuskan untuk di “ hiring “ di dalam perusahaan. 

3. Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia ( SDM ) Sumber daya yang terus dikembangkan adalah salah satu cara yang dilakukan oleh banyak perusahaan untuk meningkatkan produktivitas perusahaannnya.

4. Untuk Membantu Strategi Pemasaran

Seorang sales yang baik adalah seorang yang cakap dalam berkomunikasi. Psikologi ini jga termasuk salah satu alternatif untuk mencapai hal tersebut.

5. Untuk Menjalin Kerja Sama Tim

Tanpa adanya kerja sama tim yang bagus, maka mustahil sebuah perusahaan akan bisa menghasilkan atau mencapai target yang diinginkan.

6. Untuk Menetukan Alokasi Kerja

Psikologi industri juga mempelajari ilmu yang bisa menentukan alokasi kera seorang karyawan, agar penempatan karyawan sesuai dengan kapasitas serta minatnya.

7. Untuk Menjadi Pedoman Organisasi

Psikologi inudtri sebagai pedoman organisasi sanagt membantu diagnosis beberapa masalah yang terdapat dalam sebuah perusahaan.

8. Untuk Mengontrol

Psikologi daalam sebuah perusahana juga diharapkan bisa mengendalikan atau mengontrol perilaku maladaptif atau menyimpang ,

9. Untuk Mendeskripsikan dan Memprediksi Perilaku

Seorang psikologi harus bisa memprediksi, mendiagnosis, juga menjelaskan perilaku seseorang melalui kehidupan serta perilakunya sehari hari.

10. Untuk Menciptakan Suasan Positif

menciptakan susana positif. suasana yang positif seperti suasana yang nyaman dan aman bsia tercipta dalam perusahaan dengan menggunakan aspek psikologi ini.

11. Untuk Melakuan Tes Inteligensi

Ada banyank perusahaan yang menggunkan aspek psikologi ini untuk mengetes tingkat inteligensi seorang karyawan apabila hendak akan dipromosikan.

12. Untuk Konseling

Dengan menggunaan psikologi ini, maka diharapkan seorang yang sudah menduduki posisi tertentu bsia menjadi problem solving bagi bawahannya dan juga bagai orang lain yang membutuhkannya.

13. Untuk Melakukan Analisis Jabatan

perusahaan banyak menggunaan psikologi ini sebagai alat untuk mengukur atau menganalisis layak atau tidaknya seseorag menduduki jabatan tertentu.

 

DAFTAR PUSTAKA

Marliani, R., Psikologi industri dan organisasi. Pustaka. Setia, 2015.

Arby Suharyanto., Peran Psikologi dalam Dunia Industri.

0 komentar:

Posting Komentar