19.5.22

Momen Berkumpul Bersama Keluarga Di Hari Raya Idul Fitri

Psikologi Sosisal

Oleh :
 

Muslimin (21310410065)

Kelas Reguler A

Karya ini Untuk Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial 2022

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M. A

Semester Genap T.A 2021/2022

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Hari raya idul Fitri merupakan hari istimewa bagi umat Islam sebab hari tersebut adalah hari kemenangan bagi para Muslim yang telah menahan hawa nafsu selama bulan puasa Ramadhan. Pada hari raya idul Fitri, setiap keluarga memiliki masing-masing bagi para Muslim di Indonesia maupun di luar negeri.

Setiap tahun pada hari raya idul Fitri, orang-orang melaksanakan shalat dan setelah itu akan pergi berziarah dan berkumpul dengan keluarga atau bersilaturahmi dari rumah ke rumah. Saat momen lebaran seperti ini adalah suatu tradisi yang unik dan asik yang sangat dinanti-nantikan. Lebaran memang suatu waktu yang tepat untuk menjaga tali persaudaraan dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat. Momen saling memaafkan menjadi kesan tersendiri yang mengharukan dan perlu dijaga oleh generasi. Saat berkunjung dari rumah ke rumah selain bersilaturahmi, dihari raya seperti ini juga di hidangkan makanan khas idul Fitri.
Masyarakat Indonesia menikmati sajian ketupat, opor ayam dan snack-snack lainnya.

Namun masyarakat di daerah lain tentu memiliki menu khas sendiri, yang kemudian menjadi menu Wajid ada di hari raya. Setelah menikmati hidangan, tentunya dibarengi dengan canda tawa dan senyum. Akan banyak cerita yang terukir dan tidak sedikit dari cerita ini akan mengundang rasa hormat yang membuat diri semakin berharga. Setelah mendapatkan rasa hormat yang membuat diri menjadi berharga tentunya hal ini akan menjadi sebuah motivasi kuat dalam cita-cita sebagai bentuk aktualisasi diri.

Manusia merupakan individu pilihan yang dikaruniai akal serta memiliki sebuah hasrat. Keinginan dan kebutuhan akan selalu dimiliki manusia untuk dipenuhinya kebutuhan mulai dari rendah hingga mencapai aktualisasi diri. Setelah perjuangan luar biasa yang dilalui semua nya akan menjadi sebuah kenangan yang sangat berarti.

Daftar Pustaka

Hadi A. 2021. Teori kebutuhan Maslow: Pengertian dan contoh. Diakses dari https://amp-tirto-id.cdn.amproject.org/v/amp.tirto.id/teori-kebutuhan-maslow-pengertian-dan-contohnya-gjrV?
amp_js_v=a6&_gsa=1&usqp=mq331AQKKArAIIACAw%
3D%3D#aoh=16528381835489&referrer=https%3A%2Fwww.google.com&_,TF=dari%251%24s&share=https%3A%2F%2Ftirto.id%2Fteori-kebutuhan-maslow-pengertian-dan-contohnya- diakses pada 18 Mei 2022.

0 komentar:

Posting Komentar