18.5.22

Makan Bareng-Bareng

               

                                Makan Bareng-Bareng

                 Oleh : Rizki Amelia Saputri

Nim : 21310410035

Program Studi Psikologi Umum

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

Essay ini dibuat dalam rangka UTS mata kuliah Psikologi Sosial

Dosen Pengampu: Ibu Dr. Arundati Shinta, M.A. 

 



 







Berdasarkan teori McClelland menjelaskan bagaimana kebutuhan akan pencapaian, aflilias, kekuasaan mempengaruhi tindak individu. McClelland merumuskan kebutuhan yang terkait dengan motivasi yaitu kebutuhan terhadap Afiliasi ( need for affiliation ). 

Manusia dengan kebutuhan afiliasi yang kuat senang membangun dan mengembangkan hubungan interpersonal. Menyukai lingkungan yang ramah, dan memiliki kedekatan satu sama lain dan termotivasi untuk menjadi lebih baik, di terimah dan disukai oleh orang lain. 

Idul Fitri merupakan Hari Besar perayaan Islam yang dirayakan oleh Umat Islam di seluruh dunia pada tanggal 1 Syawal. Tahun ini, Idul Fitri 1443 H tepatnya pada hari Senin, tanggal 2 Mei 2022. Momen Lebaran memang sangat dinantikan oleh semua umat Muslim yang merayakan, kumpul keluarga, sahabat, teman, saudara mereka bisa saling memaafkan saat momen lebaran. Bukan Cuma saling bertemu, momen lebaran pun bisa dengan ucapan pada saudara atau tema jauh. 

Setiap tahun pada Hari Raya Idul Fitri, orang-orang melaksanakan Sholat ied dan setelah itu akan pergi ke makam untuk berziarah lalu berkumpul dengan keluarga atau bersilaturahmi dan berkeliling dari rumah ke rumah. Saat momen lebaran seperti ini adalah suatu tradisi yang unik nan asik yang sagat dinatikan. Lebaran memang merupakan suatu waktu yang tepat untuk menjaga tali persaudraan dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat. Momen saling memaafkan menjadi kesan tersendiri yang mengharukan dan patut dijaga oleh generasi kedepan. 

Saat berkunjung dari rumah ke rumah selain bersilaturahmi, di hari raya seperti ini juga di hidangkan makanan khas idul fitri. Mayoritas masyarakat Indonesia menikmati sajian ketupat dan opor di harai raya. Namun masyarakat di daerah lain tentu mempunyai menu khas sendiri, yang kemudian menjadi menu wajib ada di hari raya. Berhubungan tahun ini pandemi belum juga usai dan vaksinasi belum dilakukan 100% oleh masyakarat indonesia. Maka perayaan idul fittri dilakukan di rumah masing-masing seperti tahun lalu. Meskipun perayaan idul fitri atau lebaran tidak memungkinkan untuk bersilaturahmi langsung dengan teman, keluarga, khususnya yang memang berjauhan. Yang namanya silaturahmi tetntu bisa dilakukan, hanya dengan cara yang berbeda. 

Berkumpul bersama sahabat sambil menikmati hidangan khas idul fitri dan berbagai macam jenis kue sambil berbincang-bincang tentang puasa yang di jalani selama 1 bulan lamanya sangat seruh. Pendidikan yang mempertemukan kami, masa depan yang memisahkan kami juga. Tapi di momen hari raya idul fitri dan hari raya umat muslim bisa mempetemukan kami lagi dan saling memceritakan masing-masing  pengalaman yang dialami.


Referensi : 

https://cerdasco.com/teori-kebutuhan-mcclelland/


0 komentar:

Posting Komentar