23.5.22

SARJANA PSIKOLOGI SEBAGAI REKRUTMEN DAN SELEKSI PENERIMA BEASISWA



Rekrutmen dan Seleksi Penerima Beasiswa

UTS : Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A





Siti Khasanah (21310410089)

Karya Ini dibuat untuk Ujian Tengah Semester Psikologi Industri & Organisasi 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022




Komitmen PT Petrokimia Gresik untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar perusahaan diimplementasikan melalui berbagai program CSR . Salah satunya adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) masyarakat sekitar melalui dunia pendidikan . Konsistensi pemberian bantuan Bea siswa Petro ( BESTRO ) adalah salah satu wujud nyata komitmen Petrokimia Gresik membentuk SDM Unggul . Program bantuan bea siswa full cover ini juga untuk mendukung kemajuan pendidikan di Kabupaten Gresik . 

Beasiswa Petrokimia Gresik ( BESTRO ) diberikan sejak tahun 2012 untuk jenjang pendidikan S1 dan tahun 2014 untuk jenjang SMA / SMK . Penerima beasiswa S1 sejak tahun 2012 sebanyak 106 orang , dan untuk SMA / SMK sebanyak 197 orang . BESTRO khusus diberikan kepada siswa / siswi dari Kabupaten Gresik yang berprestasi namun dari keluarga kurang mampu secara ekonomi . Mereka adalah putra - putri warga masyarakat di sekitar perusahaan .

Sarjana Psikologi dapat bekerja dan berkarir sebagai aahli di bidang pengelolaan dan pengembangan SDM ( sumber daya manusia, human resource ), seperti salah satunya seleksi / rekrutmen penerima beasiswa.

Lulusan Program Studi Psikologi dibekali dengan pengetahuan , etika , kemampuan dan ketrampilan untuk menelaah fenomena perilaku manusia dari berbagai perspektif psikologi dan mengobservasinya, merancang kuesioner penelitian serta menganalisis dan menginterpretasi data penelitian, merancang program training, menyusun pedoman observasi dan wawancara secara terstruktur, serta melakukan wawancara, mengidentifikasi beberapa tes psikodiagnostik dan kegunaannya, mengadministrasikannya , serta menginterpretasikannya, mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan non klinis, serta melakukan konseling.

Salah satu kunci utama dalam menciptakan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang profesional adalah terletak pada proses Rekrutmen , Seleksi , Training and Development calon tenaga kerja atau penerima beasiswa . Mencari calon penerimaan beasiswa yang berintegitas dan berkualitas atau harus sesuai dengan persyaratan dari pemeberi beasiswa tidaklah gampang . Merupakan sebuah kewajiban dalam sebuah organisasi dan perusahaan - perusahan yang memberikan beasiswa harus melakukan penyaringan untuk para pendaftar dan calon penerima beasiswa yang baru . Untuk itulah rekrutmen dibutuhkan untuk menyaring pendaftar yang ingin mendaftar . Dalam organisasi, rekrutmen ini menjadi salah satu proses yang penting dalam menentukan pendaftar yang akan mendaftar pada organisasi atau perusahaan pemeberi beasiswa tersebut . Setelah mendapatkan calon penerima beasiswa dari hasil rekrutmen , proses yang tidak kalah penting adalah proses seleksi , di dalam proses ini perusahaan atau organisasi pemeberi beasiswa bisa mendapatkan orang - orang yang tepat yang ingin dicari dan dapat diberikan  sesuai dengan persyaraan dalam program yang diberikannya.

Menurut Faustino Cardoso Gomes ( 1995 : 105 ) Rekrutmen merupakan proses mencari, menemukan, dan menarik para pelamar untuk dipekerjakan dalam dan oleh suatu organisasi . Rekrutmen merupakan proses komunikasi arah . Pelamar - pelamar menghendaki informasi yang akurat mengenai seperti apakah rasanya bekerja di dalam organisasi bersangkutan . Organisasi - organisasi sangat menginginkan informasi yang akurat tentang seperti apakah pelamar - pelamar tersebut jika kelak mereka diangkat sebagai pegawai .

Sama halnya dengan rekrutmen penerima beasiswa harus mencari, menemukan, dan memberikan para pendaftar yang diterima untuk diberikan beasiswa oleh organisasi atau perusahaan pemberi beasiswa. Bagi para pendaftar atau calon penerima beasiswa menghendaki informasi yang akurat, terpercaya mengenai seperti apakah bentuk atau program beasiswa tersebut apa saja persyaratannya. Organisasi atau perusahaan pemberi beasiswa sangat menginginkan informasi yang akurat tentang calon penerima beasiswa jika kelak diterima dan akan diberikan beasiswa tersebut.

Tujuan rekrutmen adalah serangkaian kegiatan yang dimulai ketika sebuah perusahaan atau organisas pemeberi beasiswa memeberikan beasiwa dan membuka pendaftaran sampai mendapatkan calon penerima beasiswa yang berhak dan layak sesuai dengan persyaratan yang diberikan. Dengan demikian, tujuan rekrutmen adalah menerima pendaftar atau calon penerima beasiswa sesuai dengan persyaratan yang diberikan.




Daftar Pustaka



 

 

 















0 komentar:

Posting Komentar