23.5.22

PERAN PSIKOLOGI PADA DIVISI CSR DI PT. PETROKOMIA GRESIK

 



UJIAN TENGAH SEMESTER

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

 Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Anisa Zakiatun Nufus (21310410083)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.


      Corporate social responsibility atau CSR adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengeMbangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomis, sosial, dan lingkungan.

      Pemerintah telah mengeluarkan keputusan tentang corporate social responsibility (CSR) bagi perseroan terbatas (PT) dan tertuang pada pasal 74 UU No. 40 Tahun 2007 dan pasal 15 UU No. 25 Tahun 2007. Dengan demikian sudah dapat dipastikan bahwa konsep CSR bukan hanya merupakan kewajiban moral, tetapi juga menjadi kewajiban yang dapat dipertanggungjawabkan dalam hukum, akan tetapi khusus hanya bagi perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya dibidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam atau yang menanamkan modalnya di Indonesia.

      PT Petrokimia Gresik sendiri merupakan pabrik pupuk terlengkap di Indonesia, yang pada awal berdirinya disebut Proyek Petrokimia Surabaya. Kontrak pembangunannya ditandatangani pada tanggal 10 Agustus 1964, dan mulai berlaku pada tanggal 8 Desember 1964. Proyek ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, HM. Soeharto pada tanggal 10 Juli 1972, yang kemudian tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi PT Petrokimia Gresik.

      Program Corporate Social Responsibility (CSR) di PT Petrokimia Gresik merupakan wujud komitmen Perusahaan untuk peningkatan kualitas lingkungan, pengembangan ekonomi dan kehidupan masyarakat sebagai bagian tak terpisahkan dari strategi bisnis Perusahaan. Implementasi kebijakan Program Corporate Social Responsibility dilaksanakan dalam kerangka pencapaian keseimbangan antara kepentingan bisnis Perusahaan dan kepentingan masyarakat serta lingkungan dalam jangka panjang. Salah satu implementasi dari progam CSR PT. Perrokimia gresik adalah diadakannya program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat sekitar melalui dunia pendidikan. Konsistensi pemberian bantuan Beasiswa Petro (BESTRO). adalah salah satu wujud nyata komitmen Petrokimia Gresik membentuk SDM Unggul.

      Program bantuan beasiswa full cover ini juga untuk mendukung kemajuan pendidikan di Kabupaten Gresik. Beasiswa Petrokimia Gresik (BESTRO) diberikan sejak tahun 2012 untuk jenjang pendidikan S1 dan tahun 2014 untuk jenjang SMA/SMK. BESTRO khusus diberikan kepada siswa/siswi dari Kabupaten Gresik yang berprestasi namun dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Mereka adalah putra-putri warga masyarakat di sekitar perusahaan.

      Lalu, apakah lulusan psikologi dapat berkarir di PT. Petrokimia Gresik? Khususnya dalam divisi CSR?

      Jawabannya adalah “YA!” terutama jika kita melihat bahwa perubahan sosial hanya dapat terjadi jika ada perubahan perilaku individu dalam komunitas tersebut. Perilaku memang ilmu dasar psikologi, namun secara khusus psikologi juga membahas mengenai kepemimpinan, kerjasama, konflik, komunikasi antar pribadi, dll. Dengan demikian, mengacu pada tema-tema khusus tersebut maka peran psikologi pada sebuah pemberdayaan suatu komunitas seperti salah satunya adalah pada PT. Petrokimia Gresik. Dan melalui program CSR mutlak untuk diberi peran. Perubahan sosial tidak akan terjadi tanpa adanya individu yang memimpin perubahan, tanpa adanya kerjasama antar anggota komunitas, tanpa keahlian pemimpin untuk mengelola potensi dalam sebuah kerjasama atau upaya mengatasi konflik. Oleh karena itu, psikologi dapat mengambil peran sebagai sistem pendukung perubahan masyarakat dengan mendorong perubahan perilaku dalam komunitas menuju tujuan yang dibangun bersama. Psikologi harus mengambil peran besar dalam memberdayakan komunitas terutama dalam PT. Petrokimia Gresik.



Daftar Pustaka

Tim CSR_BasedIT PT Petrokimia Gresik. (2017). Diakses Pada 23 Mei 2022, dari http://csr.petrokimia-gresik.com/app_file/kebijakan.aspx

Hendrik budi untung, corporate social resposibility, (jakarta : sinar grafika, 2008), hal. 1.

Firsan nova, op.cit., hal. 316.

Sejarah Perusahaan. (12 Mei 2022). Diakses Pada 23 Mei 2022, dari https://petrokimia-gresik.com/page/sejarah-perusahaan

Humas PG. (30 Desember 2019). “Wujudkan SDM Unggul Melalui BESTRO”. Diakses Pada 23 Mei 2022, pada https://petrokimia-gresik.com/news/wujudkan-sdm-unggul-melalui-bestro

Sebayang, Indah. (18 Mei 2010). “Peran Psikologi dalam CSR”. Diakses Pada 23 Mei 2022, pada http://quennrha.blogspot.com/2010/05/peran-psikologi-dalam-csr.html

 

 


0 komentar:

Posting Komentar