23.5.22

Peran Sarjana Psikologi Dalam Bidang Industri dan Organisasi


ESAI UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Dosis Pengampu :

Dr.Arunati Shinta, MA.

Genap Semester TA 2021/2022

Oleh :

Alwiyah Dwi Pratiwi 

Kelas A (Pengaturan)

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Beberapa waktu terakhir salah satu perusahaan yang berada di Gresik yaitu PT Petrokimia Gresik melalui VP Corporate Social Responsibility ( CSR ) baru saja menyelenggarakan lomba logo beasiswa Petrokimia Gresik atau yang lebih akrab disebut Bestro. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya peningkatan kualitas lingkungan, pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sebagai bagian tak terpisahkan dari strategi bisnis perusahaan.

Corporate Social Responsibility adalah suatu bentuk pertanggungjawaban sosial yang dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan untuk semua pemangku kepentingan dan juga semua pihak yang memiliki kepentingan. Pada PT Petrokimia Gresik, Corporate Social Responsibility berada di bawah naungan SVP Umum. CSR merupakan sebuah tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk memberikan suatu manfaat untuk berbagai pihak dengan melakukan suatu program yang bermanfaat. CSR memegang suatu konsep yang menunjukkan dukungan serta tanggung jawab organisasi terhadap lingkungan sekitar dan sosial masyarakat dalam segala aspek operasional perusahaan. Hal ini menuntut perusahaan agar tidak hanya mencari keuntungan semata, tetapi juga harus peduli terhadap lingkungan dan masyarakat. 

Pekerjaan pada bidang Corporate Social Responsibility ini sebagian besar mengambil lulusan yang berasal dari jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa selain dari bidang tersebut juga dapat bekerja dalam bidang Corporate Social Responsibility. Sarjana psikologi yang lebih dikenal dengan pekerjaan yang berhubungan dengan kesehatan mental tidak menutup kemungkinan dapat menjadi bagian dari Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. 

Hal ini dikarenakan dalam ilmu psikologi juga mempelajari berbagai hal termasuk tentang psikologi sosial hal tersebut akan bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam lingkup kegiatan sosial dan masyarakat. Selain itu, ilmu psikologi juga mendalami bidang industri dan organisasi. Seperti yang telah diketahui bahwa Corporate Social Responsibility adalah divisi yang berdiri sendiri dan bertanggung jawab sendiri, dalam hal ini ilmu yang dipelajari dalam bidang industri dan organisasi juga sangat penting untuk diaplikasikan agar divisi tersebut dapat terorganisir dan berjalan dengan baik. Untuk menjadi bagian dari Corporate Social Responsibility yang terpenting adalah memiliki minat sosial yang tinggi, menyukai bidang industri dan organisasi, serta memiliki keinginan untuk dapat memberi manfaat dengan berkontribusi kepada lingkungan dan masyarakat.



Daftar Pustaka


Laeli Nur Azizah. Desember 2021.Pengertian CSR: Model, Tujuan, Jenis dan Contohnya. Gramedia.com. https://www.gramedia.com/literasi/csr/

0 komentar:

Posting Komentar