23.5.22

CARA SUKSES LULUSAN PSIKOLOGI MELAMAR PEKERJAAN DI BIDANG INDUSTRI

 

CARA SUKSES LULUSAN PSIKOLOGI MELAMAR PEKERJAAN DI BIDANG INDUSTRI


Meylita Ayu Herbafalony

NIM : 21310410084

Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

Karya ini untuk Ujian Tengah Semester (UTS) Psikologi Industri & Organisasi 2022

Pekerjaan adalah "kegiatan sosial” di mana individu atau kelompok menempatkan upaya selama waktu dan ruang tertentu, kadang-kadang dengan mengharapkan penghargaan moneter (atau dalam bentuk lain), atau tanpa mengharapkan imbalan, tetapi dengan rasa kewajiban kepada orang lain. Di dalam pekerjaan ini juga kebutuhan manusia akan terpenuhi, seperti kebutuhan ekonomi, kebutuhan sehari-hari dan lain sebagainya.

Suatu pekerjaan dapat dilakukan di mana saja dan oleh siapapun itu. Dan apakah kita bekerja harus sesuai dengan jurusan kita? Melamar sebuah pekerjaan yang tidak sesuai jurusan adalah tindakan yang sah-sah saja. Selama kita memang sesuai dengan kualifikasi dari posisi tersebut. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengungkap, 80 persen mahasiswa Indonesia tidak bekerja sesuai dengan jurusan kuliahnya.

Seperti halnya ketika dengan mahasiswa lulusan Sarjana Psikologi yang akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan industri di bagian divisi Corporate Social Responsibility (CSR). Dimana perusahaan bertanggung jawab secara sosial kepada pemangku kepentingan dan masyarakat luas sebagai bentuk perhatiannya dalam meningkatkan kesejahteraan dan berdampak positif bagi lingkungan. Di dalam Psikologi sendiri juga terdapat ilmu  psikologi industri dimana dapat menjembatani kebutuhan individu serta kebutuhan organisasi. Dengan kata lain dapat meningkatkan kemampuan individu dalam pengaturan kerja, sehingga tidak hanya meningkatkan kompetensi individu saja, namun juga mengembangkan sebuah perusahaan.

Psikologi Industri/Organisasi merupakan sebuah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perilaku manusia saat berada dalam situasi pekerjaan. Berfokus pada pengembangan individu dalam perusahaan, serta mengkaji sistem yang digunakan oleh perusahaan agar lebih efektif dan efisien, dimana seorang psikolog I/O akan menggunakan penelitian sebagai landasan dalam pembuatan keputusan. Dimana terdapat beberapa faktor yang hendaknya diperhatikan dalam merancang penelitian Psikologi Industri/Organisasi yakni menggunakan metode :

a.     1. Eksperimen

b.     2. kuasi-eksperimen

c.     3. survey

d.     4. arsip data

e.     5. serta meta-analisis

Sehingga penelitian yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan karyawan serta perusahaan.

Hubungan industrial adalah hubungan yang terjalin antara pekerja, pengusaha, pemerintah. Hubungan ini identik dengan manajemen yang menjalankan fungsinya untuk mengatur pekerjanya saja, dan juga berkaitan dengan fenomena didalam dan diluar tempat kerja. Dalam hubungan industrial, psikologi industri dan organisasi memberikan peranan penting dalam pengembangan SDM terkait dengan rekruitmen, seleksi, dan penempatan pelatihan dan perkembangan. Dan psikologi memiliki kontribusi terkait dengan motivasi kerja, moral, dan kepuasan kerja.

Adapun cara sukses agar lulusan psikologi melamar pekerjaan di bidang industri :

a.     Sesuaikan CV kalian

b.     Tonjolkan Keahlian yang Cocok dengan Posisi

c.     Buat Cover Letter Sebaik Mungkin

d.     Perlihatkan kelebihanmu yang sudah dipelajari di dalam psikologi

e.     Bersiap menjawab pertanyaan jebakan

f.      Pastikan bahwa kita sudah bekerja keras

Jadi, tidak perlu takut untuk mencari dan melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan kita sebelumnya. Lebih baik kalau kita mementingkan kemampuan kita agar dapat memberikan kontribusi pada perusahaan. Jangan membatasi diri sendiri untuk mengembangkan kemampuan di luar ranah jurusan kita.

 

REFERENSI :

Lestari, Made, Diah. 2016. Buku Ajar Psikologi Industri dan Organisasi. Program Studi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

2021. Kiat Menghadapi Wawancara Kerja Tidak Sesuai Jurusan. Linovhr.com


0 komentar:

Posting Komentar