23.5.22

Peran CSR (Corporate Social Responsibility) Pada Sarjana Psikologi

 

UJIAN TENGAH SEMESTER

Disususn Oleh : Nabila Tus Sangadah

Nim : 21310410038

Mata Kuliah : Psikologi Industri & Organisasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Karya Ini Untuk Ujian Tengah Semester Psikologi Industri & Organisasi 2022

 


Dalam Perusahaan industri setiap manusia berperan untuk bisa berkerja dengan efektif dan efisien. Oleh sebab itu sumber daya manusia (SDM) sebagai salah bentuk satu aset yang harus dikelola perusahaan dengan baik. Hal ini berkaitan cara bagaimana memperoleh (SDM) yang memiliki integritas tinggi terhadap perusahaan atau industri tenaga kerja.


Divisi yang cocok untuk Sarjana Psikologi pada PT Petro Kimia Gresik  yaitu CSR (Corporate Social Responsibility) yang berarti aktivitas yang dimana perusahaan harus bertangung jawab baik secara sosial kepada masyarakat sebagai bentuk dengan adanya rasa perhatian dalam meningkatkan kesejahteraan sosial yang berdampak positif bagi semua manusia dan lingkungannya. Program CSR di bagi menjadi 5 bidang yaitu: bidang kesehatan, bidang pendididkan, bidang moral, bidang lingkungan, dan bidan ekonomi (kewirausahaan). Bukan hanya pada bidang ekonimi (kewirausahaan) saja, namun semua hal yang menyangkut program kerja CSR. Mereka berhap masyaraka mempunyai partisipasi untuk ikut serta dan mensukseskan program yang di terapkan CSR dari perusahaanya. Hal tersebut membawa program CSR pada hal positif yang di lakukan masyrakat dab wilayah perusahaan. Semua akan tercapai saat masyarakat mempunyai partisipasi yang tinggi pada program CSR yang di lakukan peruahaan.Contoh Hal nya seperti PT Petro Kimia Gresik membuka kompetisi (lomba) berupa beasiswa biaya Pendidikan dan kegiatan peningkatan softskill. Untuk kalangan peserta yaitu sebagai mahasiswa PTN atau PTS jenjang S1/Diploma. Jenis program CSR dalam PT Petro Kimia Gresik yaitu membuat logo dengan tema BESTRO (Beasiswa Petrokimia Gresik). 


Program ini di lakukan untuk berkontribusi pada masyarakat dan memberikan rasa semangat pada mahasiswa dalam berkuliah dan bisa menolong mahasiswa yang kurang mampu. Tujuan utama suatu perusahaan menjalankan program CSR agar perusahaan memiliki citra atau nama baik di mata masyarakat dengan menampilkan bahwa perusahaan adalah pihak yang bertanggung jawab. Pada sarjana psikologi dapat berkarir pada divisi tersebut yang mempelajari pola pokir manusia setia individunya, dimana hal itu masih tersangkut paut dalam hal mahluk sosial termasuk manusia.


Daftar Pustaka

Saputri, N., & DIRGANTARA, I. (2010). Analisis Corporate Social Responsibility Sebagai Pembentuk Citra Perusahaan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Fast Food Indonesia di Kota Semarang (Doctoral dissertation, Perpustakaan FE UNDIP).

https://katadata.co.id/safrezi/berita/61f25d4f71cb4/csr-adalah-tanggung-jawab-perusahaan-ini-jenis-dan-manfaatnya

0 komentar:

Posting Komentar