23.5.22

Peran Psikologi Dalam CSR DI Dunia Pendidikan


 Peran Psikologi Dalam CSR Di Dunia Pendidikan


Oleh: Humairah Natsir

Program Studi Psikologi Umum

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022


Esai ini dibuat dalam rangka UTS mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu Ibu Dr. Arundati Shinta, M.A.


     Salah satu perusahaan yang terjun ke dunia pendidikan adalah PT Petrokimia Gresik. Perusahaan ini mewujudkan peran Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program Bea Siswa Petro (Bestro) yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat sekitar di Kabupaten Gresik. Program ini merupakan wujud komitmen untuk peningkatan kualitas lingkungan, pengembangan ekonomi dan kehidupan masyarakat sebagai bagian tak terpisahkan dari strategi bisnis. Kebijakan program CSR dilaksanakan dalam kerangka pendukung keseimbangan antara kepentingan bisnis perusahaan dan kepentingan masyarakat serta lingkungan dalam jangka panjang. 

     Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk tanggung jawab sebagian besar keuntungan perusahaan kepada masyarakat sebagai tanggung jawab sosial perusahaan tersebut. Umunya dalam CSR bidang sosiologi, hukum, dan ekonomi memiliki peran yang sangat penting. Lalu bagaimana peran psikologi dalam CSR?Sosiologi dalam CSR berperan untuk pengelolaan masyarakat sebagai sistem sosial. Hukum mengambil peran dalam hal advokasi untuk mendorong diterbitkannya peraturan-peraturan yang mendukung kemajuan sebuah masyarakat. Begitu juga dengan ekonomi yang berupaya mendorong perkemangan ekonomi suatu komunitas. Bukannya perilaku, kedisiplinan, dan motivasi sangat diperlukan? Secara khusus psikologi juga membahas mengenai kepemimpinan, kerjasama, konflik, komunikasi antar pribadi, dll.

     Beasiswa Petrokimia Gresik (BESTRO) diberikan untuk jenjang pendidikan S1 dan jenjang SMA/SMK. BESTRO khusus diberikan kepada siswa/siswi dari Kabupaten Gresik yang berprestasi namun dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Mereka adalah putra-putri warga masyarakat di sekitar perusahaan. Bantuan beasiswa jenjang S1 diberikan maksimal selama 4 (empat) tahun, sedangkan SMA/SMK maksimal selama 3 (tiga) tahun atau sampai dengan kelulusan.Selain mendapatkan bantuan biaya pendidikan, penerima beasiswa juga akan dibekali dengan berbagai pelatihan untuk meningkatkan softskill.

     Selain beasiswa di atas, CSR Petrokimia Gresik juga membuka program lomba logo tingkat nasional. Lomba ini bisa diikuti oleh putra putri di seluruh Indonesia. Dengan beberapa ketentuan dan syarat dalam lomba. Gambar logo di atas merupakan salah satu karya yang diikutsertakan. Di mana warna tersebut sekilas terlihat seperti ladang yang luas hijau Perusahaan Petrokimia Gresik bergerak di bidang pertanian berbagai macam pupuk, warna hijau mengendalikan dan mengelola, gambar untuk mengelola pendidikan, mendukung bidang pendidikan yang memberikan beasiswa untuk jenjang S1 dan SMA/SMK , garis lurus dan tegak lurus otorisme dan tekad. 

     Psikologi memiliki banyak peran dalam berbagai bidang. Termasuk dalam Tanggung Jawab Sosial Perusahaan mengingat dalam bidang psikologi memiliki banyak bidang ilmu yang sangat penting. Bidang ilmu yang paling utama dan berlaku di mana-mana adalah perilaku baik dan kedisiplinan serta motivasi dalam menjalankan berbagai aktivitas kehidupan. 


Referensi:

Sebayang aku. 2010. CSR Peran Psikologi Dalam.Diakses dari http://quennrha.blogspot.com/2010/05/peran-psikologi-dalam-csr.html?m=1 pada 23 Mei 2022.

Tim CSR BerbasisIT PG. 2017. Kebijakan CSR PT Petrokimia Gresik.Diakses dari http://csr.petrokimia-gresik.com/app_file/kebijakan.aspx pada 23 Mei 2022.

Humas PG. 2018. Wakub Gresik Peran Sosial Petrokimia Gresik Sangat Besar. Diakses dari https://petrokimia-gresik.com/news/wabup-gresik-peran-sosial-petrokimia-gresik-sangat-besar pada 23 Mei 2022.

Humas PG. 2019. Wujudkan SDM Unggul Melalui Bestro. Diakses dari https://petrokimia-gresik.com/news/wujudkan-sdm-unggul-melalui-bestro pada 23 Mei 2022.

0 komentar:

Posting Komentar