23.5.22

Lulusan Psikologi Dalam Bidang Marketing



 Essay Psikologi Industri dan Organisasi 

Karya Ini Untuk Memenuhi Ujian Tengah Semester 

Oleh :

Arnoldina Leki(21310410050)


Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A


Fakultas Psikologi

Program Studi Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Menjadi produsen pupuk terlengkap. Pabrik PT Petrokimia Gresik merupakan devisi dengan menjalankan usaha sebagai produsen pupuk terlengkap di Indonesia.

Sistem perusahaan yang penerapannya berwawasan pada lingkungan ini dibangun untuk mendukung program Ketahanan Pangan Nasional. Bergerak dalam bidang industri lingkungan sistem penerapannya tentu membutuhkan karyawan dengan mutu dan kualitas terbaik yang dapat menjalankan tugas sesuai ketentuan kerja.


Dalam sistem kerja perusahaan membutuhkan karyawan dengan eksistensi diri yang berpengalaman dalam kerja. Namun, yang menjadi pertanyaan apa semua bidang jurusan dalam Perguruan Tinggi dapat menata karir di bawah naungan industri budidaya alam tersebut? Tentu saja, tidak semua jurusan dapat memiliki kesempatan jika dilansir berdasarkan ketentuan perusahaan. 


Akan tetapi, jika taraf yang dibutuhkan juga harus memiliki pengalaman yang lebih banyak. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa jurusan dapat memenuhi kriteria dalam persyaratannya secara personal. Sebagai contoh, secara relavan dalam jurusan Psikologi dapat memenuhi beberapa kriteria apabila direkrut berdasarkan unsur pengalaman atau kualitas kinerja.


Dalam devisi PT Petrokimia Gresik ada bidang yang tentu secara relevan dapat sesuai dengan lulusan Psikologi. Misalnya bagian marketing yang secara tepat dapat menangani hal-hal yang berhubungan dengan promosi, strategi penjualan  dengan menguasai psikologi marketing, dan sebagainya. Hal ini tentu saja tidak salah apabila mencoba bekerja sebagai Marketing Communication.


Tugas yang diemban secara fleksibel misalnya menyusun strategi bagaimana sebuah produk baru bisa diterima oleh masyarakat, mengadakan event yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan suatu produk, misalkan produk jadi hasil pengolahan dari PT Petrokimia Gresik.


Keterampilan yang diperlukan pada profesi ini adalah negosiasi, komunikasi, dan minat untuk menjalin relasi dengan orang baru. Hal ini merupakan taraf yang sesuai dengan jurusan Psikologi karena secara profesi dapat mempelajari psikologi pelanggan saat membeli suatu produk mulai dari motif emosi hingga kecenderungan psikologis yang menjadi dasar keputusannya dalam menentukan suatu produk penjualan.


Dengan demikian, penentuan jurusan dalam suatu pekerjaan juga membutuhkan pengalaman dan kualitas yang sesuai dengan jurusan yang dibutuhkan. Namun, minim dalam  kinerja dan kualitas pekerjaan tentu saja menyebabkan ketimpangan yang tidak sesuai.


DAFTAR PUSTAKA

Ruangpegawai.com. 24 February 2021. 11 Pilihan Pekerjaan Untuk Lulusan Psikologi. Diakses pada 23 Mei 2022, dari https://www.ruangpegawai.com/tips/karir/11-pilihan-pekerjaan-untuk-lulusan-psikologi-3070


0 komentar:

Posting Komentar