23.5.22

divisi lomba logo dan karir bagi sarjana psikologi


divisi lomba logo dan karir bagi sarjana psikologi

Oleh 

Ulvi Isnaini

21310410103

Dosen Pengampu

Dr. Arundati shinta M.A

Psikologi Industri & Organisasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, panitia dapat diartikan kelompok orang yang ditunjuk atau dipilih untuk mempertimbangkan atau mengurus hal-hal yang ditugaskan kepada kelompok tersebut.

Panitia dapat disebutkan juga dengan komite.Sehingga dapat disimpulkan panitia adalah kumpulan individu yang dibentuk secara sengaja untuk melaksanakan tugas tertentu yang diberikan.Terdapat tanggung jawab untuk membuat suatu program atau tugas yang diberikan dapat berjalan.

Suksesnya suatu acara yang diselenggarakan tidak lepas dari kerjasama yang dilakukan oleh semua panitia. Semua divisi dalam kepanitiaan berkerjasama untuk menyukseskan sebuah acara yang digelar.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai divisi kepanitiaan yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan lomba desain logo.

Divisi dalam Acara Kepanitian

1. Divisi Acara

Divisi ini bertanggung jawab atas mengurus semua rangkaian acara

2. Divisi Humas dan Publikasi

Divisi ini bertanggung jawab dalam membuat konsep publikasi

3. Divisi Perlengkapan

Divisi ini bertanggung jawab menyediakan semua perlengkapan yang dibutuhkan selama acara

4. Divisi Konsumsi

Divisi ini bertanggung jawab menjamin logistik yang diperlukan oleh semua anggota kepanitiaan dan peserta acara

5. Divisi Sponsorship

Divisi ini bertanggung jawab atas pendanaan

6. Divisi Keamanan

Divisi ini bertanggung jawab atas keamanan selama diselenggarakannya acara

7. Divisi dokumentasi

Divisi ini bertugas memotret momen acara selama acara berlangsung

Ketua panitia

Ketua panitia bertugas untuk menggerakkan semua tim.

Sekertaris

Sekertaris ditugaskan untuk mengurus hal-hal yang berhubungan kesekretariatan dan administrasi.

Bendahara

Bendahara bertugas mengelola dana dalam sebuah kepanitiaan.

PT Petrokimia Gresik merupakan Produsen Pupuk Terlengkap di Indonesia yang memproduksi berbagai macam pupuk dan bahan kimia untuk solusi agroindustri. Kantor Pusat PT Petrokimia Gresik berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) ini merupakan produsen pupuk terlengkap di Indonesia.

Seluruh kepanitiaan bertanggung jawab atas kesuksesan dari terselenggaranya acara. Lomba pembuatan logo bestro di PT Petro Kimia Gersik tidak lepas dari kesuksesan pembentukan panitia yang terorganisir dengan baik dan kerjasama para anggota timnya.

Lalu, apakah sarjana psikologi dapat berkarir di semua divisi itu? Jawabannya tentu saja bisa.

Sebagai sarjana psikologi, mereka bisa berkarir dimana saja.

Berbekal materi Psikologi yang dipelajari selama kuliah, seorang Sarjana Psikologi dapat menerapkan ilmunya di berbagai sektor pekerjaan – selama ada manusianya di situ. Ada Sarjana Psikologi yang menjadi ahli riset, konsultan, maupun menjalani profesi-profesi Psikologi yang lain. Sebagian besar Sarjana Psikologi langsung memasuki dunia kerja dan menjalani berbagai profesi sesuai dengan jenjang pendidikannya (S1), seperti asisten peneliti, analis pekerjaan, asisten laboratorium, penulis teknis, konselor karier, maupun prospek kerja Jurusan Psikologi yang lain.

Jadi para sarjana psikologi tidak hanya bisa bekerja menjadi psikolog, hrd, atau guru saja, namun sarjana psikolog juga bisa berkarir diberbagai bidang yang lain juga.

Psikolog juga harus bisa membuat suatu program kerja, baik itu dalam pembuatan lomba, mampu menggerakkan para anggotanya, ataupun membuat program kerja yang lainnya. Jadi, ketika pemimpin suatu perusahan atau organisasi meminta hal baru di luar dari ilmu psikologi, para sarjana sudah bisa mengerjakan danmenguasai hal-hal itu.

 

Daftar pustaka

Purbowati, Deni. 2021. "Mahasiswa Jurusan Psikologi Konon Katanya Begini, Loh!". https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/mahasiswa-jurusan-psikologi-konon-katanya-begini-loh. Diakses 23 Mei 2022.

Karim, Ridwan. 2021. "Divisi-divisi Dalam Acara Kepanitiaan Beserta Jobdeksnya". https://penerbitbukudeepublish.com/divisi-dalam-acara-kepanitiaan/#Ketua_Panitia. Diakses 23 Mei 2022. 

https://petrokimia-gresik.com/?hl=en

https://www.pupuk-indonesia.com/holding/petrokimia-gresik

1 komentar:

  1. Artikel yang sangat inspiratif! Saya sangat terkesan dengan kreativitas dan makna yang terkandung dalam setiap logo yang dibuat untuk lomba ini. Terima kasih atas berbagi https://campuslife.telkomuniversity.ac.id/2023/09/15/sidang-terbuka-senat-universitas-telkom-dalam-rangka-pengukuhan-guru-besar-telkom-university/

    BalasHapus