14.5.22

Pentingnya Training Sebagai Efisiensi Totalitas Karyawan






PENTINGNYA TRAINING SEBAGAI EFISIENSI TOTALITAS KARYAWAN

Essay 1
Psikologi Industri dan Organisasi

Oleh:
Arnoldina Leki (21310410050)

Dosen Pengampu: 
Dr.  Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta







Pengembangan kinerja dalam meningkatkan kemampuan menjadi salah satu pandangan yang mendasar dalam suatu sistem perusahaan. Pada prinsipnya, gagasan ini menjadi standar yang sangat dibutuhkan. Sehingga, dalam metode pengembangannya telah diterapkan berbagai prinsip pelatihan karyawan dengan tujuan agar menambah pengetahuan, melatih kemampuan dan meningkatkan keterampilan. 


Dalam sudut pandang perusahaan tentu saja memiliki perbedaan dalam menduduki suatu jabatan, sesuai prinsipnya pola ini menyesuaikan dengan keadaan tingkatan atau taraf kinerja yang dimiliki oleh setiap karyawan. Karena pada dasarnya semakin tinggi suatu jabatan maka taraf keterampilan yang dimiliki harus kian melambung.


Umumnya pelatihan ini dijadikan sebagai tolak ukur dalam menambah wawasan setiap karyawan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Berdasarkan hal tersebut maka pengembangan kinerja dalam sistem pelatihan sangat bermanfaat sebagai penunjang produktivitas suatu perusahaan dan bagi karyawan itu sendiri.


Pelatihan atau training dalam suatu organisasi adalah proses pendidikan dalam waktu singkat dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir, sehingga karyawan secara operasional mempelajari pengetahuan teknik pengerjaan dan keahlian untuk tujuan tertentu dalam suatu perusahaan. Lingkup karyawan dalam sistem ini melingkupi karyawan baru dalam perusahaan atau karyawan yang menempati devisi baru sehingga membutuhkan pelatihan tertentu.


Bedjo Siswanto (2000:141) memandang bahwa Pelatihan adalah manajemen pendidikan dan pelatihan secara menyeluruh mencakup fungsi yang terkandung di dalamnya, yakni perencanaan, pengaturan, pengendalian dan penilaian kegiatan umum maupun latihan keahlian, serta pendidikan dan latihan khusus bagi para pegawai pengaturannya meliputi kegiatan formulasi, kebutuhan pemberian servis yang memuaskan, bimbingan, perijinan dan penyelaan.


Manfaat dan tujuan dalam pelatihan ini yakni, meningkatkan efesiensi dan efektivitas kerja, semakin berwawasan karena peluang ilmu yang ditransfer, serta meningkatkan profit, dan kemampuan sesuai bidang yang ditangani.


Berikut adalah salah satu jenis dan contoh dalam sistem pelatihan yang selama ini diterapkan On The Job Training dan Off The Job Training yang kerap kali diselenggarakan dalam proses pelatihan yakni, pelatihan instruksi kerja, konsep ini pelatih memberi pemahaman dalam bentuk intruksi tentang segala aspek penyelesaian yang dibutuhkan sesuai perancangan, dengan tujuan karyawan  mampu menyelesaikan masalah tersebut. Dalam sistem ini pelatih membutuhkan totalitas karyawan secara riil dengan penuh kompeten.


Berbeda dari sebelumnya Off The Job Training memiliki jenis dengan konsep terapannya tersendiri. Dalam metode ini proses pengembangan  dilaksanakan oleh karyawan dalam situasi atau keadaan tidak bekerja dengan tujuan agar terpusat pada kegiatan pelatihan. Pelatih didatangkan dari luar organisasi atau para peserta mengikuti pelatihan di luar organisasi.  Contohnya, Training Vestibule adalah jenis pelatihan pada karyawan atau peserta, mereka dilatih secara simulasi aktual menggunakan peralatan yang digunakan untuk kerja. Pada prinsipnya, sistem Off The Job Training dapat dilakukan dengan praktik kerja selama masa training tersebut berlangsung.


Pelatihan merupakan kegiatan yang harus  diperhatikan dalam suatu perusahaan. Hal ini merupakan sistem olah pengembangan dengan tingkat value yang cukup tinggi dalam dunia kerja. Kurangnya kriteria ini mampu berdampak pada tatanan yang dijalankan perusahaan akibat kurangnya tingkat kreativitas dan keterampilan yang belum sepenuhnya terbentuk.


Apabila karyawan secara totalitas mengikuti proses pelatihan. Maka, kinerja yang dikembangkan selama periode pelatihan mampu memberi dampak nyata secara realistis bagi perusahaan atau membantu karyawan dalam menempati suatu jabatan dengan value diri yang telah dikembangkan selama proses pelatihan tersebut.


DAFTAR PUSTAKA


Transforma.id. (4 Maret 2021). Pengertian Training, Tujuan, dan Metode Pelaksanaannya. Diakses pada 20 April 2022, dari https://transforma.id/pengertian-training-tujuan-dan-metode-pelaksanaannya/

0 komentar:

Posting Komentar