15.5.22

Pentingnya Menyelaraskan Sistem Motivasi dan Tuntutan Kerja

PENTINGNYA MENYELARASKAN SISTEM MOTIVASI DAN TUNTUTAN KERJA

Essay 2

Psikologi Industri dan Organisasi

Oleh:

Arnoldina Leki (21310410050)

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A


Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Setiap individu tentu saja memiliki dorongan dari dalam dirinya apabila hendak melakukan sesuatu. Kondisi ini dapat terjadi jika seseorang berusaha memenuhi kebutuhan dengan memperoleh dorongan, dari dalam diri atau orang lain. Orang-orang di luar sana dalam bekerja, bersekolah, hidup, dan lain sebagainya. Tentu telah menentukan dan memiliki hal yang dapat digunakan sebagai motivasi untuk menjalani hari dalam bekerja, bersekolah, hidup, dan lain sebagainya.


Secara esensial bentuk dorongan yang terjadi mulai dari aspek-aspek sederhana hingga pada hal yang bersifat universal. Siklus ini terjadi apabila individu memiliki tingkat kemauan yang tinggi dari dalam dirinya untuk mencapai sesuatu, misalnya dalam kehidupan sehari-hari, kita akan minum jika merasa haus, perilaku haus mendorong kita untuk segera mencari sesuatu yang dapat memenuhi rasa haus tersebut. Rasa haus dikonsepsikan sebagai dorongan atau motivasi untuk segera dipenuhi.


Dalam lintas dunia kerja tuntutan dan motivasi hadir dalam lajur yang sama, tuntutan pekerjaan berpeluang memberi dampak agar motivasi terbentuk secara positif sebagai suatu kekuatan (energi) untuk memenuhi segala tututan tersebut sebagai unsur penyelesaiannya. Gagasan ini seperti garis klasifikasi yang meletakan unsur sebab-akibat menjadi tampak signifikan berdasarkan sudut pandang teorinya. Lantas hal ini perlu ditanamkan dalam diri sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan yang paling mendasar.


Akan tetapi, dalam lingkar motivasi tingkat kejenuhan dapat terjadi dan menurunkan kinerja karyawan apabila peluang tuntutan lebih besar dari motivasi, peristiwa ini terjadi karena kurangnya keseimbangan dalam sistem timbang-takarnya. Demikian hal ini harus diperhatikan dengan lebih baik dan tepat penanganannya.  


Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan entusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Apabila motivasi karyawan menurun maka pengaruh yang timbul berdampak bagi perusahaan


Secara spesifik untuk tetap mengembangkan eksistensi karyawan agar tetap termotivasi, dalam meningkatkan kualitas kerja perusahaan dapat mengadakan secara khusus event Training Motivasi Kerja itu sendiri. Kegiatan seperti itu kian mendukung karyawan memenuhi kebutuhan berprestasi.  


Karena penuhnya tuntutan dari berbagai sisi, karyawan cenderung putus asa dalam menghadapi. Bahkan, berdampak pada kualitas kerja yang dihasilkan karyawan berakhir kurang memuaskan. Dalam hal ini karyawan, sangat membutuhkan motivasi namun, hal ini juga dapat menurun karena banyaknya tuntutan kerja.


Adapun beberapa kiat untuk mengatasi  situasi ini sehingga karyawan mampu kembali termotivasi dalam menjalankan tugasnya yakni, mengadakan outing(refreshing), mengubah suasana kerja, melakukan forum diskusi, menciptakan lingkungan kerja yang positif, memberi apresiasi, reward, dan perlu memperhatikan kesejahteraan karyawan.


Dengan beberapa cara di atas dapat membantu meningkatkan stabilitas kinerja karyawan secara optimal dalam menjalankan tugas perusahaan sebagaimana tanggung jawab yang telah diemban.


Dorongan atau kekuatan dalam diri secara nyata memiliki peran besar dalam eksistensi hidup. Secara beruntun  motivasi memiliki periode besar yang harus ditanamkan dalam diri, dengan motivasi segala tuntutan dari luar dan dalam dapat diselaraskan. Hal yang sama berpengaruh dalam kinerja karyawan. Segala kontribusi tanpa motivasi berdampak pada sistem perusahaan karyawan tersebut.


Sehingga kurangnya motivasi merupakan pengaruh buruk yang tidak kecil dampaknya, untuk itu segera penuhi tuntutan kerja dengan menyelaraskan motivasi kemudian seimbangkan dengan hal-hal yang bernilai positif.


DAFTAR PUSTAKA

Sedoxo.co.id. (8 September 2021). Pentingnya Motivasi Semangat Kerja Di Perusahaan. Diakses pada 10 April 2022, dari https://www.sodexo.co.id/motivasi-itu-penting-untuk-mendorong-semangat-kerja

0 komentar:

Posting Komentar