15.5.22

PENTINGNYA CV DALAM MELAMAR KERJA

 

PENTINGNYA CV DALAM MELAMAR KERJA

Meylita Ayu Herbafalony

NIM : 21310410084

Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tugas Essay ke – 2 Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A



Curriculum Vitae atau yang sering disebut dengan CV merupakan sebuah dokumen yang berisikan tentang riwayat diri atau riwayat hidup seperti data diri, pengalaman profesional atau kerja, prestasi akademik atau non akademik, hobi, keterampilan dan lain sebagainya dari seorang individu. Menurut Cambridge Dictionary, pengertian CV sendiri adalah deskripsi singkat tertulis tentang pendidikan Anda, kualifikasi, pekerjaan sebelumnya, dan kadang-kadang juga minat pribadi Anda, yang Anda kirim pada atasa Anda ketika Anda mencoba untuk melamar pekerjaan.

Kategori CV yang saya buat adalah CV untuk melamar pekerjaan, seperti gambar yang saya lampirkan di atas. Di dalam CV tersebut terdapat :

·       1. Nama Lengkap

·     2. Profil : Berisi penjelasan tentang data diri kita, seperti menjelaskan kekurangan, kelebihan, hobi, dan lain sebagainya.

·      3.  Informasi Kontak : Memasukkan kontak yang dapat di hubungi dan alamat rumah.

·       4. Media Sosial : Informasi media sosial yang dimiliki

·       5. Pendidikan : Dokumen CV ini juga harus berisikan informasi detail tentang sejarah pendidikan 

·      6.  Pengalaman Kerja dan Organisasi : Pengalaman organisasi ini juga penting dicantumkan atau juga bisa memasukkan informasi mengenai pengalaman magang atau bahkan kegiatan kerelawanan atau pun kegiatan tertentu. Semakin banyak pengalaman kerja dan organisasi kamu semakin menarik CV.

· 7. Penghargaan : Mencantumkan pencapaian/penghargaan yang pernah dialami. Pencapaian ini menunjukkan kemampuanmu sebagai profesional dan penting untuk ada di CV.

·   8. Kemampuan : Mencantumkan suatu kemampuan yang kita miliki agar membuktikan bahwa diri kita ini memiliki kompeten yanag bagus.

Dalam pembuatan CV dapat dilakukan melalui beberapa platform digital seperti Canva, Ms. Word, CV Engineer, dan lain sebagainya. Melalui aplikasi tersebut dapat memudahkan kita dalam pembuatan CV, karena terdapat tema-tema CV serta template yang membuat CV kita lebih menarik lagi. Itu dapat dibuat melalui handphone ataupun laptop.

CV yang kita buat untuk menarik perhatian seorang HRD tentunya harus menarik. Kenapa CV harus menarik ? Karena dengan adanya CV yang menarik, kita bisa menunjukkan dan menawarkan keunikan yang kita punya kepada perusahaan. Di era digital sekarang ini, kita harus mampu membuat CV yang menarik agar mendapatkan peluang besar untuk diterima di perusahaan tersebut.

Berikut ada beberqapa tips untuk membuat CV yang menarik, yang tentunya akan dilirik oleh HRD :

a.     1. Memahami isi CV terlebih dahulu

Ada baiknya untuk memahami dahulu apa saja yang wajib dicantumkan pada CV kamu, seperti ada pada gambar lampiran CV di atas.

b.     2. Membuat design sederhana namun tetap menarik

Salah satu yang menjadi daya tarik suatu CV di mata HRD adalah desain yang simple namun tetap memuat informasi-informasi penting.

c.     3. Mencantumkan informasi bekerja secara detail

Sehingga HRD bisa dengan mudah mengukur kapasitas kamu, apakah kamu memang cocok dengan posisi yang dilamar atau tidak.

d.    4.  Menyisipkan sosial media

e.     5. Mencantumkan kemampuan yang kamu miliki

f.     6. Membuat penjelasan di dalam CV yang sederhana

 

REFERENSI :

Lararenjana, Edelweis. 2021. CV adalah Dokumen Berisi Ringkasan Data Diri, Berikut Pengertian dan Jenis-Jenisnya. Merdeka.com


0 komentar:

Posting Komentar