23.5.22

Peluang Kerja di PT Petrokimia Gresik

 

 

Psikologi Industri dan Organisasi

Oleh :

Ahmat Ramadanil (21310410077)

Kelas Reguler A

Karya ini Untuk Ujian Tengah Semester Psikologi Industri dan Organisasi 2022

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M. A

Semester Genap T.A 2021/2022

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

PT Petrokimia Gresik merupakan pabrik pupuk terlengkap di Indonesia, yang pada awal berdirinya disebut Proyek Petrokimia Surabaya. Kontrak pembangunannya ditandatangani pada tanggal 10 Agustus 1964, dan mulai berlaku pada tanggal 8 Desember 1964. Proyek ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, HM. Soeharto pada tanggal 10 Juli 1972, yang kemudian tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi PT Petrokimia Gresik.

PT Petrokimia Gresik saat ini menempati areal lebih dari 450 hektar di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Total produksi saat ini mencapai 8,9 juta ton/tahun, terdiri dari produk pupuk sebesar 5 (lima) juta ton/tahun, dan produk non pupuk sebanyak 3,9 juta ton/tahun. Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) ini bertransformasi menuju perusahaan Solusi Agroindustri untuk mendukung tercapainya program Ketahanan Pangan Nasional, dan kemajuan dunia pertanian.

Struktur Pemegang Saham PT Petrokimia Gresik adalah PT Pupuk Indonesia (Persero) yang memiliki 2.393.033 lembar saham atau senilai Rp2.393.033.000.000 (99,9975%) dan Yayasan Petrokimia Gresik yang memiliki 60 lembar saham atau senilai Rp60.000.000 (0,0025%).

Adapun proses dari tahapan seleksi karyawan, motivasi kerja karyawan, hingga penilaian kinerja karyawan membutuhkan ilmu psikologi ini. Dengan begitu, maka pihak HRD perusahaan dapat mengidentifikasi perilaku karyawannya untuk dapat diimprovisasi melalui beberapa hal seperti penggajian, pelatihan keterampilan, hingga feedback antara karyawan.

Saat ini juga dikenal dengan nama psikologi industri dan organisasi (PIO). Ruang lingkup yang dipelajari pun semakin luas dan relevan dengan upaya peningkatan produktivitas suatu perusahaan.

Bagaimana Peranan Psikologi Industri dan Organisasi di Perusahaan?
Tentunya cabang ilmu psikologi yang satu ini berperan sangat penting dalam mengembangkan sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu organisasi. Dimulai dari melakukan penilaian serta penyusunan hal-hal yang diperlukan.

Berikut beberapa peran yang dapat dilakukan oleh PIO.

1. Rekrutmen dan Seleksi Karyawan
Tahapan rekrutmen menjadi kunci keberhasilan perusahaan dalam mengejar tujuannya. Kualifikasi kandidat yang sesuai dengan yang dibutuhkan akan berdampak positif tentunya bagi perkembangan perusahaan kedepannya.

Namun, dalam proses seleksi ini perusahaan tentunya harus menetapkan metode yang digunakan agar kandidat yang didapatkan sesuai dengan target. Kandidat yang sesuai dengan standar kualifikasi perusahaan nantinya akan lolos dari proses seleksi yang telah ditetapkan.
2. Sikap Kerja Tenaga Kerja
PIO juga melingkupi sikap kerja dari tenaga kerja di suatu perusahaan. Hal ini tentunya krusial karena kinerja karyawan yang baik akan berdampak positif bagi perkembangan perusahaan. Namun, sebaliknya jika kinerja karyawan tidak cukup baik, maka akan berdampak juga pada penurunan produktivitas perusahaan.

Oleh karena itu PIO menyoroti beberapa hal yang termasuk ke dalam sikap kerja seperti kepuasan kerja, komitmen, organizational citizenship behavior, dan antisocial behavior in workplace.

3. Pelatihan dan Pengembangan
Pelatihan dan pengembangan tidak kalah penting dari beberapa hal di atas. Hal ini juga akan mempengaruhi tingkat produktivitas suatu perusahaan jika perencanaannya dilakukan dengan baik.

4. Penilaian Kinerja
Umumnya, di setiap organisasi atau perusahaan akan terdapat periode penilaian kinerja. Apakah anggotanya sudah cukup baik dalam melakukan tugas dan tanggung jawab yang diberikan atau belum. Hal ini juga perlu perencanaan yang strategis dari ilmu PIO. 

Permasalahan
Apakah karyawan akan mengalami stres, depresi, atau bahkan mengalami kecemasan?

Pustaka Yang Mendukung
Setiap orang pasti memiliki masalah, namun tidak setiap orang dapat mengatasi masalah dengan baik. Kadang-kadang, masalah kehidupan yang besar membuat seseorang menjadi emosi dan tidak mampu berpikir secara jernih. Padahal, untuk menghadapi masalah diperlukan ketenangan pikiran sebagai kuncinya.

Daftar Pustaka

Anggakara Meirza, 2022. " Psikologi Industri : Apa Manfaat dan Peran Pentingnya dalam Peursahaan " , https://www.linovhr.com/psikologi-industri/, diakses pada tanggal 23 Mei 2022 pukul 09.37 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar