18.5.22

Menumbuhkan Cara Berinteraksi dan Sikap Sosial Melalui BUKBER (Buka Bersama)

 

UJIAN TENGAH SEMESTER

Disususn Oleh : Nabila Tus Sangadah

Nim : 21310410038

Mata Kuliah : Psikologi Sosial

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA


Tugas ini Dibuat Guna Memenuhi Tugas Ujian Tengah Semester 2022


Bukber atau sering di artikan buka bersama hal tersebut menjadi agenda banyak orang lakukan saat di bulan puasa. Karena dengan adanya hal tersebut akan mempertemukan keluaga, teman atau kerabat kerja. Buka bersama seakan akan sudah menjadi tradisi bagi orang Indonesia. Acara tersebut sering menjadi ajang reuni atau temu kangen dengan teman, saudara, atau kerabat lainnya yang sudah lama tidak berjumpa. Keseruan pada hal tersebut yaitu bakal terasa lebih seru dan hangat karena bisa berbincang sambal berbuka puasa. Dari foto di atas memperlihatkan bahwa saya, keluarga saya dan keluaraga dari mertua kakak saya. Kita membuat agenda untuk buka bersama dengan hidangan makanan yang dapat mempererat hubungan dari awalnya jauh dan agak canggung jadi terasa lebih dekat. Bukan hanya itu tujuan buka puasa sebagai momen untuk menyambung rasa tali silaturahmi yang lama tidak bertemu karena adanya jarak.

Dengan itu kita harus sering menerapkan teori motivasi dari David McClelland yaitu adanya berkomunikasi atau saling berinteraksi satu sama lain, agar tidak menimbulkan rasa bosan, canggung bahkan cuek dan lain sebagainya. Berikut ini cara berinteraksi dengan cara menyenangkan:

1.    1.  Perhatikan tutur kata

2.     2. Mendengarkan perkataan orang dengan baik

3.    3. Jangan fokus pada diri sendiri

4.    4. Mengendalikan emosi

5.    5. Menyisipkan humor yang lucu

6.    6. Memberi support dan bersikap terbuka

Cara berinteraksi dengan menyenangkan dapat kita terapkan saat kita berkumpul dengan teman, keluarga, mau pun saudara. Tidak hanya berinteraksi dengan menyenangkan tetapi kita juga harus menerapka interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial akan terjadi jika adanya sebuah kontak sosial dan adanya komunikasi. Interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial, hal tersebut yang dapat mempengaruhi proses perkembangan anak dalam luar lingkungan. Maka jika interaksi sosial dan interaksi yang menyenangkan dapat terjadi dari itu kita terjalin kerjasama yang harmonis yang kita tumbuhkan pada diri kita sendiri.

Hal yang penting juga kita harus tumbuhkan sikap sosial. Sikap sosial anak adalah proses di mana anak mengembangkan ketrampilan interpersonalnya, belajar menjalin persahabatan, meningkatkan pemahamannya tentang orang di luar dirinya, dan juga belajar penalaran moral dan perilaku di manapun dan kapanpun kita berada. Setiap kegiatan yang kita lakukan mesti kita harus tumbuhkan sikap sosial sebab hal itu penting bagi anak. Contoh yang bisa saya ambil dari kegiatan yang saya lakukan yaitu buka bersama, jika kita setelah makan kita harus membereskannya. Meski kita makan di tempat makan tetapi, kita juga harus bertangung jawab dengan cara mengumpulkan bekas makan kita (sampah). Bahkan saya dengan keluarga yang cukup banyak mesti banyak sampah bekas makan sisa mereka. Hal tersebut termasuk sukap sosial, meski tidak membersikannya dengan cara mencuci piring, gelas dan lainnya, tetapi kita sudah menghargai untuk tidak menyampah sembarangan.

 

 

Daftar Pustaka

Jannah, S. F. M. (2020). Upaya Meningkatkan Sikap Sosial Anak Dengan Kegiatan Makan Bersama Di Ra Dewi Masyithoh Muslimat Nu Desa Mojomulyo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2019/2020 (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Jember).

0 komentar:

Posting Komentar