18.5.22

 

MENJALIN HUBUNGAN SOSIAL DENGAN MAKAN BERSAMA 

Meylita Ayu Herbafalony 

NIM : 21310410084 

Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Ujian Tengah Semester (UTS) Psikologi Sosial 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

 



Hubungan sosial merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghubungkan antarkepentingan individu, individu dengan kelompok, antarkelompok, yang terjadi secara langsung atau tidak langsung ditujukkan untuk menciptakan rasa saling pengertian dan kerjasama saling menguntungkan. Sejak lahir, manusia memiliki hasrat untuk hidup dengan manusia lain dan alam di sekitarnya. Naluri tersebut yang menyebabkan timbulnya hubungan sosial dalam masyarakat. Kemudian, manusia sebagai makhluk sosial adalah manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Menurut Teori Hierarchy of Needs (Abraham Maslow) menjelaskan bahwa manusia memiliki lima (5)  kebutuhan dasar yg tersusun secara hirarkhis (berurutan), yaitu :

1). Fisik atau pokok : merupakan bentuk survival, seperti : makanan, minuman, seks & udara.

2). Keamanan : Terwujudnya terhindar dari bahaya.

3). Rasa cinta, ingin dimiliki & memiliki orang lain (belongingness) : Merupakan bentuk dari hubungan sosial.

4). Rasa harga diri (esteem needs) : Salah satu wujud kebutuhan berprestasi, memiliki kemampuan, menguasai suatu skill, untuk prestis, status & agar dihormati orang lain (recognition).

5). Aktualisasi diri : Merupakan bentuk untuk merealisir segala potensi individu yang unik.

Seperti pada gambar di atas, salah satu wujud dari hubungan sosial yang saya alami yaitu makan bersama dengan para teman-teman. Dengan kita menjalin suatu hubungan tersebut maka terjalinlah kebersamaan yang sangat menyenangkan dan mengasikkan. Rasa saling peduli satu sama lain akan timbul dengan sendirinya. Jika dilihat dari kepribadian, tentunya tiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, maka dari itu kita memiliki kesempatan untuk mengaktualisasikan diri kita kepada orang lain.

Dari kebersamaan itu juga kita akan mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang yang orang lain berikan kepada diri kita, kemudian timbulnya rasa aman dan damai jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang baik. Dengan terjalinnya hubungan sosial ini apalagi dengan orang-orang yang tepat, maka kita akan jauh lebih dihargai karena orang dapat menerima diri kita dengan apa adanya, dengan kelebihan, kekurangan, dan keunikan yang ada.

Di dalam kehidupan tentunya hubungan sosial merupakan suatu kepentingan untuk kelangsungan hidup. Karena dengan adanya hubungan sosial, kita akan mendapatkan keuntungan-keuntungan tersendiri, seperti :

1). Membangun hubungan baik antar sesama manusia

2). Dapat mengetahui karakteristik manusia yang berbeda-beda, dan dapat membantu kita dalam memahami perbedaan tersebut

3). Dapat menjadi penolong disaat kita sedang mengalami musibah

4). Interaksi sosial yang berkualitas bisa membangun sebuah kepercayaan

5). Meningkatkan rasa empati dalam diri

Bagi sebagian orang, membangun sebuah hubungan sosial mungkin tidaklah mudah. Bisa jadi ini diakibatkan oleh adanya rasa canggung, ditolak, atau merasa tidak percaya diri yang menyebabkan seseorang jadi kurang luwes dalam menjalin hubungan sosial. Berikut ada beberapa cara agar kita terbiasa untuk melakukan hubungan sosial di sekitar kita :

1). Melatih kemampuan komunikasi

2). Saling tolong menolong

3). Menjalin hubungan pertemanan dimanapun itu

4). Menjadi pendengar yang baik

5). Membiasakan diri untuk jujur dan terbuka

Memiliki hubungan sosial yang baik dengan seseorang dapat memberikan vibes yang baik, terutama bagi kita yang sering menghabiskan waktu bersama mereka.

 

 

REFERENSI :

 

2020. 5 Cara Cerdas Membangun Hubungan Sosial yang Baik Dengan Rekan Kerja. Enervon.co.id

Adelbertha, Eva, Y. 2022. 5 Alasan Penting Kamu Perlu Berinteraksi Sosial, Jangan Malas Lagi!. idntimes.com

Laeni Novita Amin, Adelina Hasyim, Hermi Yanzi. PENGARUH HUBUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP PILIHAN MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE-SMPN 5.

Gerungan, W. A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

 

0 komentar:

Posting Komentar