13.5.22

Mengukir Prestasi Dalam Akrepemasi PMR SMAN 14 Makassar

 Mengukir Prestasi Dalam Akrepemasi PMR SMAN 14 Makassar

Oleh: Humairah Natsir

     Palang Merah Remaja (disingkat PMR) merupakan wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja dalam bidang kemanusiaan. Organisasi PMR dapat dijumpai di beberapa sekolah baik di kota atau kabupaten di Indonesia. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mengembangkan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

     Di Indonesia terdapat 3 tingkatan untuk PMR di sekolah, yaitu PMR mula untuk tingkat SD, PMR madya untuk tingkat SMP, dan PMR wira untuk tingkat SMA. Dalam kegiatan beberapa organisasi PMR di berbagai menyelenggarakan berbagai macam lomba kemanusiaan. 

     Pada 2017 lalu, tepatnya pada tanggal 18-22 Desember pukul 10.00-15.00 WITA. SMAN 14 Makassar mengadakan kegiatan kemanusiaan dengan nama "Ajang Kreativitas Remaja Peduli Kemanusiaan" (AKREPEMASI) di Benteng Somba Opu, yang diikuti oleh 15 tim tingkat SMA dan 10 tim tingkat SMP se-Kota Makassar. Salah satu tim berasal dari PMR Unit 257 SMK-SMTI Makassar. Adapun ajang yang diperlombakan yaitu Pertolongan Pertama (PP), Pasang Bongkar Tandu (PBT), Cerdas Cermat (CC), Dapur kreasi (DK), lokasi bersih, poster kepalangmerahan, dan showtime. 

     PMR SMTI mengikuti ajang lomba tersebut tanpa ada rencana dan persiapan. Usai latihan rutin, salah satu peserta mendapatkan info lomba akrepemasi dan mendorong peserta lainnya untuk mengikuti ajang tersebut pada hari itu juga. Secepatnya mereka langsung mengumpulkan anggota, peralatan seadanya yang diperlukan dan bergegas menuju ke lokasi lomba. 

     Setelah semua administrasi diselesaikan, barulah semua anggota mempersiapkan bekal untuk lomba. Peserta yang hadir berjumlah 6 orang, 4 diantaranya kelas 3, dan dua lainnya kelas 2 dan 1. Dikarenakan anggota yang sangat minim, maka tim hanya mengikuti 2 item lomba yaitu pertolongan pertama untuk 3 orang, pasang bongkar tandu untuk 2 orang, dan satunya sebagai penyemangat. 

     Dengan perjuangan yang berarti dan keyakinan yang tinggi, akhirnya menjadi buah manis untuk organisasi PMR Unit 257 SMK-SMTI Makassar. Saat pengumuman menjadi hal yang sangat menggemparkan, ketika panitia mengumumkan juara lomba PBT, PMR SMTI berada di urutan ke 2 dan untuk lomba PP, PMR SMTI berada di urutan ke 3. Adapun nama peserta yang mengikuti lomba PBT yaitu Nurul Hikma dan Wulan Ramadhani, sedangkan lomba PP yaitu Ayu Puspita, Lulu Adriani, dan Humairah Natsir. 

     Juara ini merupakan hadiah bagi SMK-SMTI Makassar yang diumumkan saat upacara bendera di hari senin. Dan juga menjadi sejarah penting bagi PMR SMTI yang merupakan piala pertama. Dalam mengikuti lomba, juara bukanlah hal utama, yang terpenting adalah kerjasama, solidaritas, dan relasi antara anggota. Dengan usaha, kekompakan, dan keyakinan kuat maka gapailah suatu harapan. 


Referensi

https://www.pmimedan.or.id/layanan/palang-merah-remaja-pmr/

https://mediawarta.com/2016/12/sma-negeri-14-sebar-budaya-kemanuasiaan-melalui-kegiatan-akrepemasi-vi-2016/

http://dubelsmedia.blogspot.com/2017/01/akrepemasi-pmr-unit-212-sman-12-makassar.html?m=1

0 komentar:

Posting Komentar