18.5.22

MAKAN BERSAMA DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI?



 UTS PSIKOLOGI SOSOAL

Semester Genap T.A 2021/2022

 Oleh :

Refiskha Salsa Billa (21310410095)

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

                Motivasi adalah apa yang mendorong setiap orang untuk berperilaku dengan cara tertentu. Tampaknya ada hubungan yang kuat antara perilaku belajar manusia dan motivasi yang ada dalam dirinya. Para ahli pendidikan dan psikologi sepakat bahwa belajar adalah proses mengubah perilaku manusia baik melalui latihan maupun pengalaman. Oleh karena itu, penting tidak hanya untuk mengajarkan pengetahuan atau keterampilan, tetapi juga untuk menciptakan lingkungan yang mendorong pembelajaran.

Lalu apa hubungannya makan bersama dengan motivasi? Tentu saja ada pengaruhnya, seperti yang di sebutkan di atas bahwa “Oleh karena itu, penting tidak hanya untuk mengajarkan pengetahuan atau keterampilan, tetapi juga untuk menciptakan lingkungan yang mendorong pembelajaran”  Orang akan selalu ingin membalas kebaikan atau layanan apa pun yang telah mereka terima, dan orang membutuhkan kepuasan psikologis serta barang-barang materi. Tidak ada batasan seberapa banyak kepuasan yang dapat ditemukan orang dengan memenuhi kebutuhan manusia. Ada perbedaan sifat atau karakteristik seseorang dalam lingkungan sosial, sehingga tidak ada satu teknik motivasi yang sama efektifnya untuk semua individu dalam lingkungan sosial.

Teori kebutuhan McClelland berfokus pada tiga kebutuhan: prestasi [achievement], kekuasaan [power], dan afiliasi [pertalian]. Kebutuhan iniditetapkan sebagai berikut:

(1) Kebutuhan akan prestasi: Dorongan untuk berprestasi dengan seperangkat standar, berusaha keras untuk sukses.

(2) Kebutuhan akan kekuasaan: Kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dalam suatu cara yang orang-orang itu [tanpa dipaksa] tidak akan berperilaku demikian.

(3) Kebutuhan akan afiliasi: keinginan untuk hubungan antarpribadi yang ramah dan akrab

Penemuan McClelland yang pertama yaitu proses bersosialisai dalam keluarga adalah pengaruh paling kuat level motivasi seseorang.

Menurut teori motivasi David McClelland yang ke 2 yaitu nAFF ia berteori bahawa dorongan motivasi untuk berinteraksi dengan orang lain dengan cara yang menyenangan. Nah sekarang, apakah makan itu menyenangkan? Tentu saja dong. Apalagi makan dengan orang orang yang menyenangkan juga. Waah pantas saja bersosialisasi atau khususnya makan bersama dapat meningkatkan motivasi.

McClelland juga mengajarkan teori motivasi yang erat kaitannya dengan konsep belajar. Teori ini menyatakan bahwa ketika seseorang memiliki kebutuhan yang kuat, itu memotivasi mereka untuk menggunakan perilaku yang mengarah pada kepuasan kebutuhan itu. Teori ini menyarankan bahwa kebutuhan dipelajari dengan beradaptasi dengan lingkungan. Karena kebutuhan dipelajari, orang cenderung menunjukkan perilaku yang lebih mirip karena mereka berusaha memenuhi kebutuhan tersebut.

Gimana? Jadi lebih tahu kan hubungan makan Bersama dengan motivasi untuk diri sendiri?

 

 

Daftar Pustaka

Wahyuni, E. N. (2009). Motivasi dalam pembelajaran.

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari sudut pandang teori hirarki kebutuhan Maslow, teori dua faktor Herzberg, teori xy Mc Gregor, dan teori motivasi prestasi Mc Clelland. jmm17, 2(01).

Kadji, Y. (2012). Tentang Teori Motivasi. Jurnal Inovasi, 9(01).

 




 

0 komentar:

Posting Komentar