23.5.22

Lulusan Psikologi bisakah Berkarir di Corporate Social Responsibility (CSR)?

 



Semester genap T.A. 2021/2022


Oleh :


Clarita Savdurin (21310410031)


Kelas Reguler (A)


Fakultas Psikologi


Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Essay ini dibuat untuk Ujian Tengah Semester Psikologi Industri dan Organisasi 2022.


Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta MA



Apa itu Corporate Social Responsibility?

Corporate Social Responsibility (“CSR”) atau yang menurut peraturan perundang-undangan dikenal dengan istilah tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen Perseroan Terbatas (“PT”) untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi PT sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Pelaksanaan CSR ini diberlakukan bagi PT yang menjalankan kegiatan usaha dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam, yang jika tidak dilaksanakan maka PT yang bersangkutan dikenai sanksi.  

Contoh nyata dari Corporate Social Responsibility (CSR)? bisa kita lihat pada PT. Petrokimia Gresik. CSR pada PT. ini terlihat jelas melakukan bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungannya melaui program-programnya. Salah satunya adalah melalui program BESTRO (Beasiswa Petrokimia Gresik) yang mana ini merupakan beasiswa pendidikan dan juga pelatihan bagi anak-anak kurang mampu di wilayah Gresik. 

Lantas, bagaimanakah dengan lulusan psikologi apakah bisa berkarir di Corporate Social Responsibility (CSR)?

Sarjana  Psikologi adalah mereka yang sudah melalui pendidikan S1 mempunyai gelar S. Psi dan merupakan ilmuwan psikologis yang dapat melakukan layanan psikologi yang berbentuk ilmiah. Lulusan ini meneliti penyebab berbagai masalah sosial yang muncul di tengah masyarakat.  Yang Selanjutnya, bakal menerapkan hasil penelitian dan berbagai teori sosial untuk mendesain program pemberdayaan masyarakat. Lulusan Psikologi  berpotensi bekerja sebagai mitra pemerintah dengan membuat kebijakan. Lulusan Psikologi  juga bisa menjadi konsultan untuk perusahaan ketika merencanakan program CSR (Corporate Social Responsibility).  

Lulusan psikologi belajar tentang perilaku manusia, Perilaku dasar manusia tersebut dapat dilihat melalui perspektif perkembangan manusia dari prenatal sampai usia lanjut, interaksi sosial intrapersonal dan interpersonal, serta aspek biologis, psikologis, dan lingkungan yang jadi landasan untuk menjelaskan hal-hal di dunia pendidikan sampai masyarakat. Perspektif tersebut juga dapat menjelaskan dunia klinis, industri, dan organisasi. Karena itu, berbagai fakultas psikologi juga menawarkan prodi magister profesi di bidang psikologi klinis, psikologi pendidikan, psikologi organisasi, dan lain-lain.

Lulusan S1 Psikologi dibekali dengan ilmu asesmen, pengukuran psikologis, pemecahan masalah psikologis, intervensi psikologis, hubungan profesional dan interpersonal, komunikasi, riset, dan publikasi ilmiah. Lulusan jurusan psikologi juga dibekali keterampilan komunikasi persuasif dan terapeutik, hingga mempromosikan kesejahteraan psikologis individu sampai masyarakat.

Jika melihat pada salah satu contoh divisi CSR (Corporate Social Responsibility), yaitu melalui salah satu program PT.  Petrokimia Gresik yaitu BESTRO ( Beasiswa Petrokmia Gresik) maka bisa saja prospek kerja lulusan psikologi adalah turut serta membantu perusahaan melalui penelitian atau survey tentang jumlah anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk mendapatkan beasiswa pendidikan dan juga pelatihan. Selain itu, bisa juga dengan turut serta dalam menjalankan program-program CSR yang berbasis tentang sosial dan lingkungan. Melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) juga penerapan ilmu yang dimiliki oleh seorang sarjana psikologi sangat bisa diterapkan dengan baik karena berhubungan dengan sosial dan lingkungan dimana merupakan hal yang tak bisa lepas dari manusia.  

Terakhir menurut saya  seorang lulusan psikologi dapat berkarir dimana saja selagi masih berhubungan dengan manusia dan tentunya dengan ilmu yang dia pelajari di bangku kuliah. CSR (Corporate Social Responsibility) adalah salah satu dari prospek berkarir seorang lulusan psikologi, yang akan menerapkan secara langsung terkait manusia dan sosialnya. 

Sumber Referensi

Permatasari, E. (2021). Apa itu CSR dan Fungsinya. Retrieved Mei 23, 2022, from https://www.hukumonline.com/klinik/a/apa-itu-csr-dan-fungsinya-lt6172b14dd8327

Wulandari, T. (2022). Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Lulusan S1 Bisa Langsung Kerja? Retrieved Mei 23, 2022, from https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5955557/prospek-kerja-jurusan-psikologi-lulusan-s1-bisa-langsung-kerja

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar