23.5.22

KREDIBILITAS SARJANA PSIKOLOGI DALAM DUNIA INDUSTRI

 “KREDIBILITAS SARJANA PSIKOLOGI DALAM DUNIA INDUSTRI”


ESSAY PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI SOSIAL 2022

Oleh :


Dea khairun nisa (21310410082)

Psikologi (Reguler)

Dosen pengampuh : Dr. Arundati Shinta, M.A

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA




“KREDIBILITAS SARJANA PSIKOLOGI DALAM DUNIA INDUSTRI”

Psikologi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang di dalamnya memperlajari tentang tingkah laku manusia dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Di dalam psikologi kemudia terbagi lagi dalam beberapa bidang, salah satu ya adalah psikologi industri dan organisasi. Apasih yang kalian tau dari psikologi industri dan organisasi? Apakah psikologi industri dan organisasi adalah salah satu cabana ilmu psikologi yang sangat menguntungkan? Lalu seberapa besar peran sarjana psikologi dalam bidang industri? Kita akan membahas bersama- sama. Namun sebelum ini Mari kita cari tahu terlebih dahulu apa itu psikologi industri dan organisasi?


Psikologi industri dan organisasi adalah cabana ilmu psikologi yang menerapkan prinsip-prinsip Psikologi dalam lingkungan kerja. Menurut Rucci (2008) tujuan industri dan organisasi adalah meningkatkan performa karyawan serta organisasi tempat mereka bekerja dengan mengembangkan ilmu pengetahuan melalui perilaku. Salah satu yang membedakan psikologi industri organisasi dengan bidang keilmuan yang lain adalah pada psikologi industri organisasi terdapat prinsip-prinsip organisasi, seperti : teori behavioral dikembangkan untuk pengembangkan program pelatihan serta penguatan, teori psikologi sosial mengkaji mengenai pembentukan team dan konflik pada kariyawan.


Psikologi industri organisasi tentunya sangat memberikan keuntungan yang besar dalam dunia industri. Seperti pada proses rekrutmen, Dalam  proses ini  sangat erat  kaitannya  dengan  peran  psikolog, dimana  hasil  evaluasi  akan  sangat menentukan  perilaku,  karakter,  bahkan kepribadian  seseorang  sebelum  diterima menjadi karyawan, karena hal ini berkaitan secara  langsung  terhadap  produktivitas kerja ke depannya. Psikolog dalam industri berperan  sebagai  mediator  dalam  proses produktivitas kerja, pemeliharaan karyawan dan  penanganan  permasalahan  dalam lingkup  industri.  Disamping  itu  penting dalam  meningkatkan  produktivitas  kerja yang  berkaitan  dengan  penerimaan karyawan.  Dalam  lingkup  industri  proses perencanaan,  dan  pengorganisasian  serta pengarahan SDM menjadi hal yang sangat komplek. 


Pada pernyataan-pernyataan di atas bisa kita simpulkan bahwa psikologi industri organisasi sangat penting dan menguntungkan di dalam dunia industri/kerja. Dengan adanya ilmu industri organisasi segala sesuatu dalam suatu organisasi menjadi lebih teratur dan memiliki pedoman. Menurut Cable dan O’Driscoll (2010) menjelaskan seorang psikolog pada tingkat analisis tinggi dalam bidang pekerjaan tertentu (posisi jabatan tinggi) akan sedikit lebih berbeda dengan psikolog dengan bidang lain. Oleh karna itu psikologi industri dan organisasi sekali lagi sangat penting dan menguntungkan bagi dunia industri.



DAFTAR PUSTAKA :

                          Uyun, muhammad.2020. Peran Psikologi dalam Bidang Pendidikan,Pemerintah dan Industri. Jurnal ilmiah psikologi. Vol 7(1) : 73

                Lestari, D.L,.2016. Psikologi Industri dan Organisasi. Despasar.


0 komentar:

Posting Komentar