23.5.22

INOVASI DI DUNIA DESAIN GRAFIS


Oleh :
Fika Yuliyanti (21310410007)

UTS Psikologi Industri dan Organisasi 2022

Dosen Pengampu : Arundati Shinta

T.A 2021-2022 Genap

PSIKOLOGI

             UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


   PT Petrokimia Gresik merupakan Produsen Pupuk Terlengkap di Indonesia yang memproduksi berbagai macam pupuk dan bahan kimia untuk solusi agroindustri. Di dalam perusahaan ini ada divisi yang di sebut CSR-Petrokimia Gresik, apa itu CSR? CSR atau kepanjangannya Corporate Social Responsibility adalah seorang yang bertanggung jawab untuk mengawasi pembuatan dan pelaksanaan dari tujuan tanggung jawab sosial suatu perusahaan CSR dari Petrokimia Gresik yaitu Bina Lingkungan, Kemitraan, Program Unggulan, Mangga Petrokimia Gresik. Sudah banyak sekali program-program dari CSR petrokimia Gresik di salah satu contoh dari CSR Program Unggulan adalah Bestro atau kepanjangannya Beasiswa Petrokimia Gresik dimana program ini adalah pemberian beasiswa untuk S1 dan juga SMA.

   Di zaman era globalisasi yang perkembangan teknologinya sangat pesat, sangatlah penting untuk mengikuti perkembangannya. baik dalam hal teknologinya maupun dalam hal segi apapun. Dengan berfikir kreatif dan inovatif semua itu sangatlah mudah untuk diikuti. Untuk itu berfikir kreatif dan inovatif adalah suatu cara berpikir di mana seseorang dapat menemukan hal-hal baru dan hal tersebut juga dapat untuk memperoleh jawaban baru terhadap suatu masalah. Penting berpikir kreatif dan inovatif terutama dalam dalam hal berwirausaha. Itu merupakan satu landasan yang paling penting dalam suksesnya sebuah perusahaan.

DIVISI DESAIN GRAFIS

   Desainer grafis atau graphic designer adalah pekerjaan yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion untuk keperluan media cetak atau perusahaan. Seorang graphic designer harus mampu menciptakan konsep visual secara manual atau dengan menggunakan software komputer. Desainer grafis juga dituntut untuk bisa mengomunikasikan ide-idenya agar menginspirasi dan menginformasikan pesan lewat seni visual termasuk gambar, logo, tulisan, dan grafik.

TUGAS DIVISI DESAIN GRAFIS

a. Membuat konsep dari informasi dan material yang berkaitan dengan desain/logo yang akan dikerjakan.

b. Memadukan unsur seni, visual, dan bahasa dalam sebuah desain/logo untuk menyampaikan suatu pesan.

c. Mengikuti perkembangan gaya dan inovasi desain.

   Ada beberapa jurusan kuliah yang berkaitan dengan desain yaitu desain grafis, desain komunikasi visual, animasi, teknik informatika, dan ilmu komunikasi.

 Lalu apakah sarjana psikologi bisa menjadi bagian dari divisi desain grafis?

   Jawabannya adalah bisa, mengapa demikian? Karena divisi desain grafis tidak hanya merekrut mahasiswa dengan jurusan yang berkaitan, seperti contoh jurusan diatas, walaupun jurusan-jurusan diatas tentu lebih dipertimbangkan. Tetapi jika kita sebagai sarjana psikologi, kreatif dan sangat menguasai bidang desain grafis tentu saja hal itu juga akan menjadi pertimbangan. Banyak sekali perusahaan atau merek yang membutuhkan bantuan desainer grafis untuk membangun sebuah merek atau logo. Perkembangan kariernya dapat digambarkan secara kasar dengan: desainer grafis junior – desainer grafis – desainer grafis senior – direktur kreatif / direktur seni / manajer studio.


Sumber pustaka 

https://petrokimia-gresik.com/

https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-desain-grafis/#.YorwebeyRPw

https://opop.jabarprov.go.id/kreatif-dan-inovatif-dua-sisi-yang-tak-terpisahkan/

0 komentar:

Posting Komentar